Mohon tunggu...
Imam Syafii
Imam Syafii Mohon Tunggu... Guru Madrasah

Guru Biologi MAN 1 Musi Rawas. Lahir di Tebat Jaya, Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan. Tanggal 22 Pebruari 1978. Hiasi Hidup dengan Penuh Kesyukuran dan Kesabaran adalah motto dalam menjalani kehidupan. Terus belajar menuangkan ide dan pikiran dalam tulisan, dan seorang guru harus menulis.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Motivasi dan Hindari Stres Saat PJJ, Mansamura Beri Layanan Konseling

25 Januari 2021   15:01 Diperbarui: 25 Januari 2021   18:54 64 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Motivasi dan Hindari Stres Saat PJJ, Mansamura Beri Layanan Konseling
Mahasiswa IAIN Curup Ilia Siska Siswa saat memberikan Layanan Konselin kepada Siswa Mansamura. Senin (18/1) (foto:M.Zuhdi/sy)

Motivasi dan Hindari Stres Saat PJJ, Mansamura Beri Layanan Konseling

Musi Rawas, Inmas

Dampak pandemi Covid-19 di awal Tahun 2021 mendorong MAN 1 Musi Rawas (Mansamura) untuk memberikan program layanan bimbingan konseling belajar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik. Selain itu, konseling ini juga dimaksudkan untuk meminimalisir dan menghindari terjadinya stres pada peserta didik selama proses berlangsungnya pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Salah seorang mahasiswa akhir IAIN Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, Ilia Siska yang juga merupakan alumni Mansamura tahun 2017 diberikan kesempatan dan didaulat menjadi konselor untuk memberikan layanan konseling didampingi Guru BK Mansamura Nurjanah, S.Pd. Saat ini dirinya menekuni Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI). Tempat kegiatan layanan konseling sendiri memanfaatkan ruang kelas XII.IIS pada Senin (18/1).

Menurutnya sejauh ini, PJJ dinilai telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Apakah dengan metode dalam jaringan (daring), luar jaringan (luring) ataupun kombinasi keduanya (blended learning) faktanya proses pembelajaran dapat dilaksanakan oleh guru dan peserta didik. Kepala Mansamura Buchari, S.Ag menerangkan bahwa tujuannya  PJJ ini tidak lain adalah untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19 khususnya cluster lembaga pendidikan.

Oleh karena itu Mansamura memilih opsi pembelajaran secara daring. “Kita masih belajar daring. Kita mengikuti  kebijakan pemerintah yang ada agar Covid-19 ini tidak menyebar di sekolah-sekolah,” katanya.

Ditambahkannya dalam upaya pelaksanaan  PJJ di MAN 1 Musi Rawas agar berdampak baik terhadap peserta didik, maka layanan bimbingan konseling diperlukan bagi setiap peserta didik untuk mengurangi dan menghilangkan beban-beban psikologis seperti stress dan kejenuhan. “Konseling ini penting agar anak tidak stres dan tetap termotivasi mengikuti PJJ,” tambahnya

Kegiatan konseling yang dimulai pada pukul 10.00 WIB diikuti sebanyak 10 siswa terpilih terdiri dari 5 putra dan 5 putri membentuk formasi kursi duduk disusun melingkar. Jarak kursi antar siswa mengikuti panduan prokes (protokol kesehatan) pencegahan Covid-19 yaitu 1-1,5 m. Masing-masing siswa diwajibkan mentaati 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun).

Ilustrasi Konseling. Sumber : 123rf.com
Ilustrasi Konseling. Sumber : 123rf.com

Sepanjang pelaksanaan layanan konseling yang dilakukan di Mansamura berjalan dengan aktif dan interaktif. Kegiatan diawali dengan perkenalan diri masing-masing peserta dilanjutkan dengan penyampaian materi layanan konseling, tanya jawab seputar kesulitan yang dihadapi selama PJJ, dan terakhir ditutup dengan pesan dan kesan setelah mengikuti bimbingan konseling.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN