Mohon tunggu...
Ima nor hanifah
Ima nor hanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pendidikan Guru SD

Universitas Nahdlatul Ulama Jepara

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengelolaan Kelas dan Lingkungan Belajar yang Ramah di Sekolah Inklusi

6 Juli 2021   15:11 Diperbarui: 6 Juli 2021   16:11 1062
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENGELOLAAN KELAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG  RAMAH DI SEKOLAH INKLUSI

Pengertian Pengelolaan Kelas dan Lingkungan Belajar Inklusi Yang Ramah di Sekolah

Pengelolaan kelas berasal dari 2 kata yaitu pengelolaan dan kelas. Arti Pengelolaan kelas dalam bahasa Inggris diistilahkan yaitu Classroom Management, itu berarti istilah pengelolaan identik dengan manajemen. 

Pengertian pengelolaan atau manajemen pada umumnya merupakan suatu kegiatan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoor-dinasian, pengawasan dan penilaian. Sedangkan Alam S menjelaskan pengelolaan kelas merupakan rentetan kegiatan pendidik untuk mengembangkan  dan mempertahankan organisasi kelas yang efektif meliputi tujuan pengajaran, pengaturan waktu, pengaturan ruang kelas dan sarana prasarana, dan pengelompokkan peserta didik.

Dari beberapa penjelasan mengenai pengertian pengelolaan kelas, sehingga dapat disimpulkan pengelolaan kelas ialah usaha sadar yang dilaksanakan pendidik untuk mengatur kegiatan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas mulai dari peserta didik, ruangan, sarana penunjang pembelajaran, guna menciptakan pembelajaran yang ramah, efektif dan produktif serta memberikan kesempatan kepada peserta didik berkebutuhan khusus untuk belajar bersama-sama dengan peserta didik seusianya yang tidak berkebutuhan khusus.

Pembelajaran yang ramah pada peserta didik yaitu lembaga pendidikan dimana setiap peserta didik memiliki hak atas pendidikan, mengembangkan potensi yang dimilikinya seoptimal mungkin di dalam yang nyaman. Lingkungan belajar yang ramah adalah ramah kepada peserta didik dan guru berarti :

Peserta didik dan guru bersama sebagai suatu komunitas kegiatan belajar.
Guru menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran.
Guru memotivasi partisipasi peserta didik agar aktif dalam pembelajaran.
Guru memiliki minat untuk memberi layanan pendidikan yang berkualitas dan terbaik.

Tujuan pengelolaan kelas inklusi dan lingkungan belajar inklusi yang ramah di sekolah

Tujuan pengelolaan kelas yaitu suatu kegiatan menyediakan, menciptakan dan memelihara kondisi yang optimal di dalam ruang kelas sehingga peserta didik dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik. Tujuan pengelolaan kelas supaya peserta didik dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan tertib sehingga tercapainya  tujuan pengajaran secara efektif dan efisien. Ketercapaian tujuan pengelolaan kelas dapat dilihat dari :

Peserta didik memberikan respon yang setimpal terhadap perlakuan yang sopan dan penuh perhatian dari orang dewasa.
Mereka bekerja dengan rajin dan penuh konsentrasi dalam melakukan tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuannya.

Prinsip pengelolaan kelas inklusi dan lingkungan belajar inklusi yang ramah lingkungan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun