Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pelatih Pengganti Diganti Lagi oleh yang Digantikannya

27 November 2021   11:21 Diperbarui: 27 November 2021   11:23 136 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Thierry Henry, salah satu sosok yang mengalami dinamika sebagai pelatih pengganti. Foto: GLYN KIRK/AFP dipublikasikan kompas.com

Pelatih pengganti sejatinya melaksanakan tugas agar tim lebih baik. Tapi bagaimana jika tim juga tak lebih baik. Balikan adalah salah satu yang pernah terjadi dalam dunia sepak bola.

Ada dua cerita yang saya ketahui. Pertama adalah Monaco di musim 2018-2019. Saat itu, di awal musim Monaco dilatih Leonardo Jardim. Tapi di tengah jalan, performa Monaco menyedihkan.

Sampai pekan sembilan Liga Prancis, Monaco kalah lima kali, seri tiga kali, dan menang sekali. Monaco pun ada di zona merah alias peringkat 18. Manajemen kemudian melakukan pergantian pelatih.

Jardim diganti Thierry Henry. Legenda Timnas Prancis itu jadi pelatih dari 13 Oktober 2018. Namun, dia kemudian dipecat pada 24 Januari 2019. Alasannya, performa Monaco makin ngga keruan.

Di tangan Henry, pada semua ajang, Monaco hanya menang empat kali, seri lima kali, dan kalah 11 kali. Akhirnya Henry didepak. Lalu siapa yang mengganti Henry?

Yang mengganti Henry adalah Jardim. Sosok yang didepak dan digantikan Henry. Akhirnya, Monaco mengakhiri Liga Prancis di peringkat 17 alias satu strip di atas zona degradasi.

Kadang berpikir, mengapa Monaco kembali memakai Jardim? Kadang juga berpikir, mengapa Jardim mau kembali melatih Monaco setelah didepak?

Saya menduga, itulah profesionalisme. Profesionalisme tak perlu memakai hati. Tak perlu merasa tak enak. Selama bisa kerja sama dan menghasilkan uang, mengapa tidak? Mungkin seperti itu.

Kasus yang sama terjadi pada musim lalu di Fiorentina. Awalnya, Fiorentina dilatih Giuseppe Iachini. Tapi Iachini hanya bertahan sampai pekan ketujuh. Dia kemudian dipecat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan