Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

PON Papua dan Pigai, Panggung untuk Ganjar

5 Oktober 2021   05:34 Diperbarui: 5 Oktober 2021   05:53 447 15 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ganjar Pranowo. Foto humas pemprov jateng dipublilasikan kompas.com

Beberapa hari belakangan, Gubernur Ganjar Pranowo jadi pemberitaan. Apakah pemberitaan itu makin menaikkan elektabilitas Ganjar untuk Pilpres 2024?

Dalam beberapa hari belakangan, Ganjar terlihat aktif di Papua. Dia ke sana, setahu saya, sebagai Gubernur Jawa Tengah yang sedang mendukung atletnya.

Tapi, tentu Ganjar kemudian tak hanya terkait PON. Pemberitaan atas Ganjar meluas. Ganjar diberitakan ketika bertemu pemuda Papua. Disebutkan jika pemuda Papua menilai Ganjar sebagai orang tua dengan penampakan muda.

Ganjar juga menyempatkan diri bertemu dengan komunitas Jawa Tengah yang ada di Papua. Itu jadi pemberitaan tersendiri. Tak hanya itu, saat di stadion dalam rangka melihat ajang PON, Ganjar juga disambut suporter Jawa Timur.

Fenomena-fenomena itu memberi kesan positif pada Ganjar. Tentu akan sangat bermanfaat bagi citra Ganjar.

Saat Ganjar di Papua, eks anggota Komnas HAM Natalius Pigai membuat pernyataan yang menyudutkan Ganjar dan Jokowi. Yang jadi poin penting, pernyataan Pigai menyeret nama Jawa Tengah.

Serangan Pigai itu malah jadi umpan manis bagi Ganjar. Setidaknya  banyak yang membantah Pigai. Kemudian ada juga kaus yang tertulis Jateng dan Papua bersaudara. Serangan Pigai malah menguntungkan Ganjar. Apalagi ketika Ganjar sepertinya memilih tak terlalu responsif atas pernyataan Pigai.

Jadi, saya melihat keberadaan Ganjar di Papua dengan sepak terjangnya dan pernyataan Pigai, malah menguntungkan bagi Ganjar. Menguntungkan dalam konteks politik.

Sepertinya apa yang terjadi pada Ganjar saat ini akan makin menaikkan elektabilitasnya untuk menuju Pilpres 2024. Jika gelombang seperti ini terus bertahan atau meningkat, Ganjar akan makin moncer.

Jika Ganjar moncer, apakah dia akan maju ke Pilpres 2024? Ya tentu menunggu parpol yang akan mengusung Ganjar. Jika Ganjar moncer dan tak ada parpol yang mengusung, Ganjar hanya akan jadi penonton di Pilpres 2024.

Lalu, siapa yang akan mengusung Ganjar? Salah satu yang memungkinkan jelas PDI Perjuangan. Sebab, Ganjar memang kader PDI Perjuangan. Tapi  tentu tak mudah mendapatkan tiket dari PDI Perjuangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan