Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ukraina yang Dapat Durian Runtuh

24 Juni 2021   09:56 Diperbarui: 24 Juni 2021   10:13 175 12 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ukraina yang Dapat Durian Runtuh
Roman Yaremchuk (tengah, nomor 9) merayakan gol bersama rekan setimnya dalam pertandingan Grup C Euro 2020 Ukraina vs Makedonia Utara di National Arena, Kamis (17/6/2021) malam WIB. (AFP/MARKO DJURICA dipublikasikan kompas.com)

Ukraina mengakhiri laga di grup C dengan kekalahan dari Austria 0-1. Imbasnya mereka hanya memiliki tiga poin dari tiga laga. Di klasemen akhir grup C, Ukraina hanya ada di posisi tiga dengan minus satu gol.

Saya tak pernah membayangkan Ukraina bisa lolos ke babak 16 besar. Sampai sebelum laga akhir grup E, Ukraina dan Finlandia adalah calon kuat posisi tiga grup terburuk dan tersingkir. Finlandia memiliki tiga poin dengan minus dua gol.

Tapi semua berubah. Kejutan terjadi di grup E. Slowakia secara mengejutkan dibantai 0-5 oleh Spanyol. Saya pikir menjagokan Spanyol menang di laga itu adalah hal wajar. Namun, membayangkan Slowakia dibantai sampai lima gol tanpa balas, sepertinya susah dinalar. Tapi itulah sepak bola.

Namun, bukan hanya drama Slowakia. Drama Polandia vs Swedia juga jadi faktor penting bagi nasib bagus Ukraina. Saat laga Polandia vs Swedia berlangsung, pendukung Ukraina sepertinya dag dig dug. Di laga Polandia vs Swedia itu, kedudukan sempat 2-2. Jika di waktu sisa Polandia mencetak gol ketiga, maka Polandia akan lolos ke babak 16 dan Swedia jadi salah satu peringkat tiga terbaik. Sementara, Ukraina akan pulang kampung. Memang masih ada laga akhir grup F yang bisa menolong Ukraina. Tapi, potensi kejutan di grup F sepertinya kecil.

Saya pikir dag dig dug itu terjadi di pendukung Ukraina. Sampai kemudian Swedia mencetak gol ketiga dan menyegel kemenangan atas Polandia. Alhasil, Polandia tersingkir.

Slowakia yang ada di posisi tiga grup E, memiliki selisih gol buruk yakni minus lima. Situasi itu mengangkat Ukraina lolok ke babak 16 besar. Bagi saya, drama grup E dan Ukraina ini adalah drama menarik yang tak diperbincangkan.

Lalu bagaimana kans Ukraina di babak 16 besar? Justru saya melihat peluang Ukraina masih terbuka. Mereka melawan Swedia. Menurut saya, Ukraina dan Swedia adalah tim yang sepadan. Keduanya bisa membuat kejutan.

Bahkan, jika Ukraina atau Swedia yang lolos ke perempatfinal, maka mereka tetap memiliki kans. Lawannya adalah Inggris dan Jerman yang menurut saya belum meyakinkan.

Ukraina atau Swedia sangat terbuka untuk masuk empat besar. Baru jika mereka main melawan Belanda atau Denmark, akan sangat sengit.

Salam olahraga.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x