Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Abdullah Hehamahua dan Tepuk Tangan yang Viral Itu

28 April 2021   14:18 Diperbarui: 28 April 2021   16:07 299 9 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Abdullah Hehamahua dan Tepuk Tangan yang Viral Itu
Abdullah Hehamahua. foto: KOMPAS.com/ RYANA ARYADITA UMASUGI

Nama Abdullah Hehamahua kembali jadi pembicaraan. Dia meminta kadernya di Partai Masyumi Reborn tak bertepuk tangan. Pasalnya tepuk tangan adalah budaya Yahudi. Dia meminta agar diganti pekik "Allahu Akbar". Oiya posisi Abdullah di Partai Masyumi adalah Ketua Majelis Syuro.

*

Beberapa kali pada belasan tahun yang lalu, saya dapat slentingan soal lelaki yang satu ini. Namanya Abdullah Hehamahua. Saya mendengar slentingan itu ketika yang bersangkutan masih jadi penasihat KPK di masa kepemimpinan Taufiequrachman Ruki.

Slentingannya, dia relatif bersih. Kalau mengisi acara dengan kapasitas sebagai penasihat KPK, dia tak mau dibayar. Orangnya juga terlihat agamis. Satu kesempatan dia pernah berujar, tiap pagi memberi pesan pendek pada para pegawai KPK tentang keagamaan.

Sekilas saya melihat Abdullah Hehamahua adalah sosok yang memiliki kesalehan individual. Di sisi lain, saat pertama kali mendengar namanya sebagai penasihat KPK, saya merasa tak asing.

Kenapa? Karena saya pernah mendengarnya sebagai politisi. Iya, benar, pada Pemilu 1999 saya ingat Abdullah Hehamahua adalah Ketua Umum Masyumi. Cuma saya lupa Masyumi yang mana karena pada 1999 lebih dari satu Partai Masyumi yang ikut pemilu.

Jadi Abdullah Hehamahua bukan orang yang anti politik. Dia memang pernah berpolitik sebelum di KPK. Ketika tak lagi di KPK, dia ada di pusaran politik, maka sudah tak mengherankan.

*

Dari beberapa kali slentingan dan yang pernah saya baca, saya yakin jika Abdullah Hehamahua memang sosok yang saleh secara individual. Saya yakin tentang itu.

Namun, di sisi lain, ada rupa yang berbeda. Khususnya ketika dia memaknai agama, sampai pada taraf tepuk tangan. Sampai tepuk tangan pun "dipermasalahkan". Tapi, itu tentu hak beliau. Hak beliau untuk memiliki prinsip seperti itu.

Tapi yang ingin saya tuliskan, cara pandang seperti itu rawan bisa memunculkan lilitan lilitan yang menyulitkan. Mungkin juga, Abdullah Hehamahua adalah sosok yang melawan media sosial buatan non Islam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN