Mohon tunggu...
ilham bangungrahadi
ilham bangungrahadi Mohon Tunggu... Mahasiswa Manajemen

astaghfirullah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Rawan Longsor, KKN UNNES Lakukan "BSB"

31 Agustus 2019   06:00 Diperbarui: 31 Agustus 2019   06:00 22 1 1 Mohon Tunggu...

BREBES, Jumat (2/8) -- Desa Blandongan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Desa Blandongan tergolong menjadi salah satu desa yang memiliki tiga zonasi peta rawan longsor, diantaranya yaitu rendah, sedang dan tinggi.  

Menurut data dari web Desa Blandongan, pada awal Januari 2018, Desa Blandongan pernah mengalami longsor dikarenakan intensitas curah hujan yang sangat tinggi.

Dengan adanya kejadian tersebut, perlu dilakukan sosialisasi untuk meningkatkan  pemahaman mengenai mitigasi bencana longsor. Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Semarang 2019 Desa Blandongan mengadakan program Blandongan Siaga Bencana (BSB) bersama siswa-siswi SD Blandongan, Jumat (2/8). 

Kegiatan ini dilaksanakan di SD Blandongan 01 dan SD Blandongan 02. Tujuan utama dari kegiatan ini untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan kemampuan mengenai mitigasi bencana tanah longsor bagi siswa-siswi SD Blandongan 01 dan 02 agar dapat beradaptasi dengan lingkungannya yang rawan akan longsor.

Program kerja BSB dimulai dengan pemberian pengarahan mengenai tujuan dilakukannya program kerja BSB, pre-test, pemberian materi, post test, ice breaking, dan dilanjutkan dengan praktik simulasi bencana tanah longsor. Kegiatan ini memiliki konsep have fun. 

Hal ini dibuktikan dengan tingginya antusiasme siswa-siswi SD Blandongan dalam mengikuti serangkaian acara yang merupakan program kerja KKN UNNES Blandongan.

VIDEO PILIHAN