Mohon tunggu...
Ilga Della
Ilga Della Mohon Tunggu... Mahasiswi Pariwisata UGM

Between knowledge and awareness.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Naik Kereta Lintas Benua, Siapkan 4 Hal ini!

6 April 2021   10:48 Diperbarui: 6 April 2021   11:01 98 9 0 Mohon Tunggu...

Apa yang kamu pikirkan saat bepergian jauh via kereta api? Memang banyak orang akan berpikir "Ah membosankan banget sih" "Aduh aku harus ngapain aja?"

Eits.. jangan salah! Pernahkah kalian mengikuti serunya Nenek Joanna Lumley tentang perjalanannya di kereta Trans-Siberian yang memiliki jalur terpanjang di dunia? Atau kalian lebih suka ikut deg-degan bareng Eva zu Beck atau Thomas dari Yes Theory yang 'menumpang' kereta kargo melalui jalur berbahaya Gurun Sahara? Warna-warni cerita yang ditawarkan dari perjalanan jarak jauh menggunakan kereta memang tidak bisa dilewatkan. Menonton saja tidak cukup, ingin mencoba sendiri tapi rasanya menakutkan juga. No worries, let me be your big sister!

So, apa saja yang perlu kalian siapkan? Check this out!

Tentukan tanggal, susun jadwal!

Penentuan tanggal adalah awal dari perjalanan jarak jauh kalian. Baik bagi yang masih sekolah atau kuliah, bekerja, hingga sudah purna kerja tentunya harus melakukan penyesuain jadwal untuk memilih tanggal bepergian yang dirasa paling pas. Sebaiknya, penentuan tanggal dilakukan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan sehingga waktu persiapan menjadi lebih lega apalagi perjalanan ke luar negeri yang membutuhkan persiapan berkas-berkas khusus. Selain menentukan tanggal kepergian jangan lupa tentukan tanggal pulangnya ya! 

Pesan jauh-jauh hari!

Meminimalisir human error/technical error pesanlah tiket kalian jauh-jauh hari. Tentunya dengan melakukan perbandingan harga atau fasilitas berbagai website. Terkadang harga menjadi lebih murah jika sudah pesan jauh-jauh hari.  Hati tenang, dompet pun lega.

Pelajari informasi jalur yang dilewati

Meskipun jalur kereta api terakses dengan mudah dan telah ditentukan secara resmi, tidak ada salahnya jika mempelajari informasi tentang hal tersebut walaupun sedikit. Bisa dimulai dari mempelajari dasar-dasar bahasa yang digunakan untuk menyapa, sedikit sejarah dari titik-titik lokasi yang dilewati jalur kereta, hingga ciri khas masing-masing lokasi. Sehingga, keseruan berwisata kalian meningkat mulai dari perjananan sampai setibanya di destinasi yang dituju. Sambil menyelam minum air.

Bring all the good things!

Buku, cemilan, papan permainan, atau teman terbaik kalian menjadi hal wajib yang harus kalian bawa selama menaiki kereta jarak jauh. Selain itu, nikmati suasana yang ada dan hadir di tengah-tengah perjalanan kereta jarak jauh kalian! Be present. Menikmati pemandangan dari jendela dan bertemu orang baru. Sudah terbayang keseruannya? 

Sederhana bukan? Yuk, langsung aja kita berangkat!

VIDEO PILIHAN