Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Tutor - Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Tiktok dan YouTube Boleh Menjanjikan tetapi Blog Tetap Jadi Pilihan

27 Oktober 2023   07:55 Diperbarui: 27 Oktober 2023   14:45 789
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi blog. (Shutterstock via Kompas.com)

Dunia informasi digital memang berkembang pesat saat ini.

Jika dulu, blog menjadi salah satu patokan utama orang untuk mencari informasi, maka keadaannya sudah berubah sekarang. Orang-orang mulai meninggalkan blog untuk mendapatkan informasi. 

Mereka mulai memilih dua platform berbasis video, yakni You Tube dan Tiktok. Bahkan, semakin hari TikTok semakin berkembang dan menjadi sumber informasi utama.

Ilustrasi. - Link Aja
Ilustrasi. - Link Aja

Sebagai konten kreator yang bermula dari blog, tentu saya harus menerima hal tersebut. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, trafik blog saya mengalami penurunan secara sigifikan. 


Walau sudah menerapkan berbagai teknik SEO dan memasukkan berbagai kata kunci, tetap saja dari informasi statistik yang saya dapat pada Google Analytics, harus diakui blog saya sudah tidak banyak yang membaca.

Padahal, saya selalu menulis berbagai informasi yang sekiranya cukup lengkap dan terbaru. Dua topik utama yang menjadi andalan blog saya adalah rute transportasi umum dan kontes kecantikan. 

Dua topik ini menjadi andalan saya untuk menjaring pembaca yang berselancar di dunia maya. Nyatanya, jumlah trafik yang masuk pun tidak sebanyak yang saya harapkan.

Analisis pengunjung blog yang mengalami penurunan. - Dokumentasi pribadi
Analisis pengunjung blog yang mengalami penurunan. - Dokumentasi pribadi

Kondisi berbeda justru saya alami pada konten You Tube dan TikTok. Konten yang saya buat pada dua platform tersebut ternyata cukup diminati oleh masyarakat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun