Mohon tunggu...
Ikko Williams
Ikko Williams Mohon Tunggu... Penulis

Penulis novel Me vs Spatula, Marry Me In Harrisonburg the series, antologi prosa Nyala Cinta Dalam Temaram Hati, antologi puisi Sebablah Cinta Menyenandungkan Rindu, dan Hati Yang Kau Patahkan Di Belantara Luka Kehilangan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tentang Oknum 'Bobotoh' yang Habisi Nyawa Supporter 'Jakmania'

24 September 2018   13:41 Diperbarui: 24 September 2018   14:58 646 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tentang Oknum 'Bobotoh' yang Habisi Nyawa  Supporter 'Jakmania'
Suasana jelang laga pertandingan Persib Bandung dan Persija Jakarta di stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung (23/09/2018)-- Foto Dari Bolasport.com


 Hari Minggu, 23 September 2018, tak sedikit pasang mata menyaksikan pertandingan sepak bola Liga 1, 2018 antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta, tepatnya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung. Usaha para pemain yang sama-sama keras untuk kemenangan telah mengantarkan Persib memenangkan pertandingan ini dengan skor tipis 3 - 2.

Uforia kemenangan Bobotoh (sebutan untuk supporter Persib) pun merebak dan tentunya seperti pendukung tim manapun, kebangaan tersendiri menancap kuat dalam diri mereka. Jakmania (sebutan untuk supporter Persija) pun mau tak mau harus menerima kekalahan klub kesayangan mereka. Bukankah setiap pertandingan selalu ada yang kalah dan menang?

 Namun ada sisi pelik dalam uforia itu, sesaat setelahnya beredar video pengeroyokan yang dilakukan oknum supporter Persib kepada seorang supporter Persija.

 Adalah Haringga Sirila, warga Cengkareng, Jakarta yang harus merenggang nyawa usai dikeroyok masa pendukung Persib, menjelang laga pertandingan.

 Seperti dilansir bolatimes.com, kronologi pengeroyokan tersebut bermula pada pukul 13.00 WIB atau sebelum laga antara Persib vs Persija dimulai pada pukul 16.00 WIB.

 Korban yang memang hanya sendirian datang dari Jakarta, dikejar oleh sejumlah oknum Bobotoh yang jumlahnya tak bisa dibilang sedikit.

 Singkat cerita, sejumlah oknum pendukung Persib tersebut berteriak kalau orang yang mereka kejar tersebut merupakan anggota Jakmania.

 Tak pelak, Jakmania bernama Haringga Sirila tersebut langsung dipukuli pendukung Persib lainnya, menggunakan balok kayu, piring, botol, dan benda-benda lainnya bahkan korban sampai ditendangi dan diinjak-injak.

 Haringga pun tewas secara mengenaskan di tempat meski sebelumnya ia sempat berteriak memohon ampun dan meminta tolong ke orang di sepanjang jalan saat ia dikejar.

 Dan meski lima dari sepuluh orang tersangka yang ditangkap Porestabes Bandung sudah mengakui perbuatannya sore itu dan tentunya dihukum sesuai undang-undang yang berlaku, bukan tidak mungkin kejadian seperti ini akan terulang lagi di kemudian hari.
 
Lantas, apakah ini sebuah fanatisme yang melampaui batas? Dimanakah letak dan rasa perikemanusiaan seseorang ketika amarah dan ego menyerang?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN