Mohon tunggu...
ikhwan firdaus
ikhwan firdaus Mohon Tunggu... Marbot Masjid Baitut Tarbiyah Disdik Purwakarta

Media kajian religi yang diselenggarakan di masjid baitut tarbiyah Dinas Pendidikan kabupaten Purwakarta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Keutamaan Salat

21 Februari 2020   14:08 Diperbarui: 21 Februari 2020   14:07 11 0 0 Mohon Tunggu...

Khutbah jumat
Tajug Gede Cilodong Purwakarta
21,2,20

Salah satu rukun islam adalah solat, perintah dalam al-quran "fi'il amar" yang artinya menjelaskan bahwa solat adalah kewajiban. Solat merupakan pemisah antara muslim dan kafir. Org munafik ketika solat maka melakukan nya dengan malas dan ingin dipuji, hanya menggugurkan kewajiban. Sementara solat orang yg beriman akan senantiasa khusuk dengan mengharap keridhoan dari Alloh semata.

Solat merupakan  tiang agama. Meneroposkan tiang agama. Nabi amal yg utama adalah solat. Solat sebagi identitas utama, ketika soalnya diterima makan akan diterima semua amal yg lain. Salat untuk meraih kebahagiaan. Khusuk menjadi jendela untuk mereguk kebahgiaan. Solat menjadi berat kecuali bagi yg khusuk. Mereka yg memiliki optimisme akan pertemuan dengan  Alloh SWT. 

Dan biru yg diteladankannoleh Rosulluoh. Solat menjadi dampak sosial dan akan menjadi benteng dan inspirasi menjadi politik yg berkeadaban dan perekonomian yg berkeadilan. Solat bisa mencegah semua bangsa dan negara dari perbuatan keji dan kemungkaran. Perlu ditafakuri apabila banyak solat tapi masih tetap melakukan kemunkaran, mungkin harus dievakuasi bahwa dalam pelaksanaan nya ada yg salah. Definisi solat menurut para ulama solat adalah doa. 

Dimna dalam solat banyak mengandung doa. Sehebat apapun jabatan, kekuasaan akan berhenti ketika Alloh mencabutnya. Alloh yg mengangkat martabat seseorang, dan ketika Alloh berkenhedak mencabutnya makan tidak ada yg akan bisa menghalanginya. Solat adalah kebaktian yg diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam. 

Dalm takbir Merupakan gambaran suatu Deklarasi Alloh Maha Agung dan harus diakui sehingga kita tidak boleh watak kepolahan, sombong dan tinggi hati dsb. Salam kita ucapkan ucapan tahun itu merupakan ungkapan Damai kepada seluruh umat. Ciri  hamba Alloh yg mah pengasih adalah mereka yang berjalan dengan rendah hati baik pada saat aman ataupun didholimi. Ketika mereka diprovokasi dengan penuh kebencian, mereka mengatakan kami merupakan umat yg penuh kedamaian. Menebarkan Damai kasih kepada seluruh alam.

Sebentar lagi kita memasuki bulan Rajab. Maka kita harus dapat merefleksikan solat yg selalu kita laksanakan. Rosululloh SAW mengatakan bahwa Mi'raj orang muslim adalah Melaksankan Solat. Berbahagialah bagi umat islam yang senantiasa menjaga solatnya tepat waktu dan berjamah. 

VIDEO PILIHAN