Mohon tunggu...
IKHSAN MUBAROK
IKHSAN MUBAROK Mohon Tunggu... Menulislah

Amor Fati

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PKM Mahasiswa Universitas Pamulang tentang Perencanaan dan Penerapan Laporan Keuangan Berdasarkan PSAK 45

9 April 2021   11:30 Diperbarui: 9 April 2021   12:37 99 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PKM Mahasiswa Universitas Pamulang tentang Perencanaan dan Penerapan Laporan Keuangan Berdasarkan PSAK 45
Gambar 1. Foto bersama peserta PKM (Dokpri)

       Laporan keuangan merupakan alat yang biasanya digunakan untuk menganalisis kinerja keuangan suatu lembaga dan berisikan tentang informasi terkait laporan posisi keuangan, kegiatan, hingga arus kas yang nantinya digunakan untuk pengambilan keputusan.Pengabdian ini sangat penting bagi Yayasan  Al - Kamilah dalam menyusun laporan keuangan yang benar dan sesuai dengan PSAK no. 45. Kegiatan ini bertujuan untuk menerapkan laporan keuangan Yayasan Al - Kamilah sehingga tercapainya suatu Financial Freedom. 

      Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertema "Perencanaan Penerapan Laporan Keuangan Berdasarkan PSAK 45, Guna Mencapai Financial Freedom." dilaksanakan pada 4 April 2021 Pukul 09.00 WIB s.d 13.00 WIB bertempat di Depok , Jawa Barat. Dengan dihadiri oleh 29 orang peserta yang merupakan adik - adik tingkat SMK dan 9 orang pengurus dari Yayasan Al - Kamilah.

      Mengingat masih dalam masa pandemic Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan ini tidak lupa kami tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker).

Gambar 2. Sambutan Tim PKM (Dokpri)
Gambar 2. Sambutan Tim PKM (Dokpri)

      Kegiatan dimulai dengan hikmat dipandu oleh Alieffia Farda Ningrum sebagai MC. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dibawakan oleh bapak Iyus Rusliandi S.Pd . Selanjutnya sambutan atas kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana yaitu Ikhsan Mubarok, lalu dilanjutkan oleh sambutan Ketua Yayasan Al-Kamilah yaitu Bapak Ust. Badruddin S.Ag., M.M, dan sambutan terakhir disampaikan oleh dosen pembimbing kelompok kami yaitu Bapak Haryono, S.H., M.M., M.H. 

     Memasuki acara inti yaitu menerapkan laporan keungan berdasarkan PSAK 45, dimana dalam acara tersebut dijelaskan oleh sodara Ikhsan Mubarok mengenai laporan keungan berdasarkan PSAK 45, bukan hanya dijelaskan saja di acara tersebut kita melakukan praktik untuk membuat laporan keuangan yang di lakukan oleh adik-adik yayasan Al-Kamilah tersebut.

Gambar 3. Penyampaian Materi(Dokpri)
Gambar 3. Penyampaian Materi(Dokpri)

Gambar 4. Pelatihan Penerapan PSAK 45(Dokpri)
Gambar 4. Pelatihan Penerapan PSAK 45(Dokpri)
       Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) diadakan oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang yang dibimbing oleh Dosen S1 Akuntansi yaitu Bapak Haryono, S.H., M.M., M.H. dan terdiri dari 5 mahasiswa yaitu Ikhsan Mubarok, Alieffia Farda Ningrum, Anisya Restu Destiani, Morelia Nurul Handayani, Yohanes.

     Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Yayasan Al – Kamilah berjalan dengan lancar. Yayasan Al – Kamilah masih menyajikan laporan keuangan secara sederhana hanya menerangkan laporan arus kas masuk dan arus kas keluar. Setelah adanya kegiatan ini diharapkan kedepannya dalam menyusun laporan keuangan harus mengacu kepada standar akuntansi yang berlaku di Indonesia khususmya untuk entitas nirlaba yaitu berdasarkan kepada PSAK 45. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN