Mohon tunggu...
Daycare InsanKamil
Daycare InsanKamil Mohon Tunggu... Human Resources - Taman Penitipan Anak

Mengasuh dan Mendidik Anak dengan Cinta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menstimulus Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Edukatif

21 Agustus 2017   07:48 Diperbarui: 21 Agustus 2017   07:51 6835 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menstimulus Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Edukatif
Dokumentasi pribadi

Perkembangan kognitif anak adalah perkembangan yang berkaitan dengan kecerdasan anak yang diperlihatkan melalui kemampuan mengingat, mengenal dan memahami berbagai objek. Anak akan mudah menyesuaikan pribadi dan sosialnya jika mereka memiliki pengertian dan pemahaman yang cukup banyak tentang orang, peristiwa, benda.

Pemahaman atau pengertian anak dapat berkembang diperoleh dari hasil kematangan intelektual dan dari pengetahuan yang diperoleh anak dalam periode yang cukup panjang. Kemampuan untuk dapat memahami atau mengerti mengandung proses berpikir. Pada tahap daya berpikir terdapat tahap sensori motor yang terjadi pada usia anak 2th. Tahap ini anak belajar melalui indra dan gerakan serta interaksi dengan lingkungan fisik.

Adapun tahap praoperasional yang terjadi pada usia anak 2-7th yaitu tahap pemikiran anak masih didominasi oleh hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas fisik dan persepsinya sendiri, dimulai dengan pengusaan bahasa yang sistematis, permainan simbolik, semua proses menunjukkan bahwa anak sudah mampu untuk melakukan tingkah laku simbolik. Pembahasan kali ini tentang kegiatan anak mengenal warna dan bentuk sebagai dasar dari tahapan perkembangan kognitif. Untuk menstimulus perkembangan kognitif anak dapat dilakukan melaui beberapa permainan edukatif seperti berikut ini:

1. Tebak Bentuk

Kotak bentuk adalah jenis permainan anak yang mengenalkan bentuk pada anak. Cukup dengan kotak bentuk yang berisi potongan bentuk disetiap sisi dan bisa dilepas. Mainan ini akan mengembangkan keterampilan berpikir dan klasifikasi; ketelitian, kefokusan dan konsentrasi; kemampuan memasangkan sesuatu dengan pasangannya.

2. Mengumpulkan Benda Berwarna Sama

Mengumpulkan benda yang berwarna sebagai pengenalan anak pada warna yang terdapat pada benda tersebut. Dalam kegiatan ini anak menjadi paham konsep warna; daya ingat, kefokusan dan konsentrasi; kemampuan menyelesaikan masalah.

3. Sorting Shapes

Bermain sorting shape agar anak dapat mengetahui apakah anak mampu membedakan beragam bentuk, seperti bentuk hati, segitiga, bulat, persegi dan sebagainya. Kita dapat mengenalkan berbagai  bentuk kepada anak, dengan menunjukkan bentuk sambil menyebutkan namanya. Kegiatan ini, anak mampu mengenal warna, konsep dan bentuk; koordinasi mata dan tangan anak; daya ingat, ketelitian, kefokusan, dan konsentrasi; mampu menyelesaikan masalah.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN