Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya - Lainnya

Gabut mania.

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Mengenang Masa Kejayaan Gin Blossoms, Band Jangle Pop dengan Lagu-lagunya yang Tak Lekang oleh Masa

28 November 2022   18:14 Diperbarui: 28 November 2022   18:24 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gin Blossoms|sumber : www.last.fm

Salah satu trik pedekate saat saya remaja dulu adalah pinjam-meminjam kaset. Nah, salah satu kaset yang pernah mampir ditangan saya saat gelombang pedekate bersemi adalah "Congratulation's I'm Sorry" milik Gin Blossoms.

Yap, teman saya yang menggiwing kaset band jangle pop-alternative rock yang berasal dari Tempe, Arizona itu melancarkan serangan "Personal Approach" dengan sukarela men-downgrade bebunyian musik yang kerap ia dengarkan, dari musik underground yang gahar menjadi musik pop yang cocwit.

Saat ia mengulurkan kaset bercover nuansa warna nano-nano milik Gin Blossoms itu, saya merasa sangat penasaran dengan isinya.  Berhubung, walkman satu-satunya ketinggalan di rumah, maka saya pun harus sabar menanti jam pulang.

Lalu tibalah hari-hari di mana saya tenggelam dengan mendengarkan muatan album ketiga dari band seangkatan Toad The Wet Sproket dan Better Than Ezra itu.

Nama Gin Blossoms sendiri terdengar unik ya.  Saat pertama membaca nama di cover kasetnya,  saya jadi kepikiran dengan cocktail highball bernama Gin and Tonic, heuheu.

Namun, nyatanya nama Gin Blossoms sendiri diambil dari foto komedian W.C. Fields dalam buku karangan Kenneth Anger "Hollywood Babylon."   Gin Blossoms merujuk pada wajah berbintik kemerahan dalam bahasa slang untuk penyakit kulit yang bernama rosacea.

Gin Blossoms berdiri tahun 1987 berisi para pemuda random dari band random lalu menjadi sangat menarik ketika mereka mengedepankan suara gemericing gitar atau jangly dalam lagu-lagunya.

Ya, Doug Hopkins mendirikan band bersama bassist Bill Leen,  Jesse Valenzuela, dan Robin Wilson.  Mereka ngeband di sebuah bar setiap Jumat dan Sabtu malam.

Debut album mereka "Dusted" rilis pada tahun 1989 yang direkam dan dipasarkan secara lokal di bawah label independen, San Jacinto Records.  Saya sendiri mendengarkan Gin Blossoms saat mereka telah merilis album ketiga, setelah itu baru mundur ke album kedua dan pertama.

Nah, di album ini ada dua lagu yang menjadi kojo yaitu "Found Out About You" dan "Hey Jealousy" yang sangat menyenangkan untuk didengar.  Dua lagu ini ditulis oleh sang gitaris, Doug Hopkins.  Selama rentang tahun 1987 sampai 1992, Hopkins menjadi gitaris dan penulis lagu utama band yang kini telah merilis 6 album tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun