Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Keberhasilan "The Mighty Ducks" Membuka Jalan Promosi Silang di Dunia Olah Raga

7 Februari 2021   19:58 Diperbarui: 9 Februari 2021   11:07 218 41 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keberhasilan "The Mighty Ducks" Membuka Jalan Promosi Silang di Dunia Olah Raga
Ilustrasi : sportsnet

Bila umumnya kisah nyata dari sebuah tim olah raga diangkat menjadi film, maka tim olah raga satu ini kebalikannya. Ya, The Mighty Ducks awalnya adalah nama tim hoki es anak-anak di film besutan Walt Disney.  

Film trilogi yang rilis tahun 1992 dan dibintangi oleh Emilio Estevez serta Joshua Jackson ini merupakan salah satu film favorit saya sepanjang masaaaaa, 'a'-nya lima.

Nah, beberapa bulan setelah kesuksesan film ini, Walt Disney Company membentuk tim hoki es profesional dengan nama The Mighty Ducks dan ikut berlaga di liga nasional hoki Amerika Utara dan Kanada di bawah binaan NHL (National Hockey League) dengan membayar bea masuk sebesar 50 juta dollar yang setengahnya diberikan kepada Los Angeles Kings karena bebagi daerah California Selatan.

Semua tim di NHL memiliki perusahaan induk sebagai aset oleh karena itu bisa dimaklumi bila NHL dapat melesat ke peringkat lima liga olah raga profesional terkaya tingkat dunia berdasarkan pendapatannya, setelah National Football League (NFL), Major League Baseball (MLB), National Basketball Association (NBA), dan Premier League.  NHL sendiri terdiri dari 31 tim, 24 tim asal Amerika dan 7 dari Kanada.

Keberadaan The Mighty Ducks sendiri merupakan hal yang sangat langka di dunia olah raga bahkan mungkin satu-satunya.  Tim ini sukses menggabungkan industri film, pemasaran merek, dan olah raga profesional.

Namun yang sedikit aneh, mengapa Disney yang notabene memproduksi film bertema anak-anak dan keluarga memilih olahraga yang rada-rada brutal seperti hoki es?

Emilio Estevez sebagai pelatih Gordon Bombay dalam film
Emilio Estevez sebagai pelatih Gordon Bombay dalam film "The Mighty Ducks"

Jawabannya tak lain dan tak bukan karena Michael Eisner yang menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Disney antara tahun 1984 hingga 2005 itu sangat menyukai olahraga ini. Disamping sejak kecil menjadi penggemar New York Rangers, ia pun memiliki putra yang bermain di liga hoki es junior sehingga ia tahu semua tetek-bengek tentang hoki plus peluang bisnis di dalamnya.

Nah, di era 90-an, Disney mulai menjalankan bisnisnya secara gila-gilaan. Eisner mulai membangun banyak taman hiburan seperti Disneyland, mengakuisisi ABC,  ESPN, Miramax, The Muppets, dan memproduksi banyak sekali film.  Salah satu film yang sukses di pasaran, ya The Mighty Ducks ini.

Kesuksesan The Mighty Ducks tak lepas dari popularitas hoki es yang mulai merangsek ke Amerika di awal tahun 90-an.  Hasilnya, film anak-anak nan inspiratif ini pun meraih predikat box office.

Dengan memanfaatkan kesuksesan filmya, Eisner dan Disney pun mulai kasak-kusuk untuk membentuk tim hoki es-nya sendiri tanpa sepengetahuan para pemain dan kru filmnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x