Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Menariknya "These Grey Men", Album Solo Milik Drummer System of a Down

28 Januari 2020   15:10 Diperbarui: 28 Januari 2020   15:15 129 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menariknya "These Grey Men", Album Solo Milik Drummer System of a Down
kerrang.com

Sudah lumrah rasanya bila dalam sebuah grup band masing-masing personilnya memiliki proyek pribadi seperti halnya band heavy metal, System Of A Down (SOAD).  

Yap, setelah sang vokalis Serj Tankian merilis beberapa album solo, Daron Malakian asyik mahsyuk bersama Linkin Park di album "The Hunting Party", Shavo Odadjian berkerja sama dengan Wu-Tang Clan, maka kini drummer mereka yang bernama John Dolmayan akan segera melepas album solo barunya ke pasaran.

Drummer yang juga bergabung bersama rekannya, Daron Malakian dalam band Scars of Broadway itu akan merilis album koleksi eklektik dari lagu-lagu yang ditata ulang.  Album bertajuk "These Grey Men" ini terinspirasi dari perjalanan yang ia lakukan dari  Los Angeles ke Las Vegas.  

Judul albumnya sendiri diambil dari julukan 'grey men' yang digunakan untuk para anggota NAVY Seals yang sosoknya haram terlihat mencolok. Ya, tidak terlihat seperti halnya drummer.  Orang-orang biasanya memperhatikan drummer ketika ia membuat kesalahan. Haih, sedih.

Album solo pertama pria yang memiliki koleksi komik bejibun ini melibatkan beberapa musisi tamu seperti M. Shadows dari Avenged Sevenfold, vokalis SOAD Serj Tankian, serta gitaris Rage Against The Machine, Tom Morello.  Sebagian besar lagu dalam album ini di rekam di studio 606 milik Dave Ghrol.

Dilansir dari Vents Magazine, Dolmayan mengungkapkan bahwa ia telah memiliki daftar lagu sebanyak 30 buah yang ia ingin tata ulang namun akhirnya hanya 8 nomor yang ia jadikan album.

Nomor lama milik Radiohead, "Street Spirit"adalah single pertama yang ia rilis.  Saya menyukai suara berat M. Shadows di nomor ini.  Sentuhan solo gitar yang garang namun menyayat yang dihasilkan oleh jemari Tom Morello menggenapkan keindahan dari lagu yang pernah berada di peringkat 5 tangga lagu U.K. Single Charts saat dibawakan oleh Thom Yorke dan kawan-kawan.  

Nah, kalau nomor "Street Spirit" sih memang cucok maricok lah dibawakan oleh sosok-sosok yang akrab dengan musik rock tapi bagaimana dengan nomor milik sang ratu pop, Madonna?

Ya gak gimana-gimana juga sih. Di sini nomor "Hung Up" milik Madonna diawali dengan riff-riff liar yang kemudian menjura di hadapan musik disko nan kemilau dengan hiasan vokal musisi wanita Armenia, Sirusho.

Selain nomor milik Madonna, di album yang diproduseri oleh John Dolmayan dan James Hazley ini pun terdapat nomor yang membuat penasaran seperti "Rock Bottom" milik Eminem serta "What You Know" lagu milik band indie Two Door Cinema Club yang aslinya terdengar ringan, jadul dengan melodi beraroma nostalgik.

Lalu di mana gerangan frontman SOAD menyelipkan suaranya? Ya di mana lagi kalau bukan di lagunya David Bowie "Starman" dan nomor milik Talking Heads yang berjudul "Road to Nowhere".

Apapun genre lagu yang ditata ulang oleh Dolmayan pastinya bebunyian drum-lah yang diunjuk-gigikan namun begitu tak serta-merta membuat nyawa lagu yang dimainkan hilang.

Jadi ya daripada gregetan menantikan keluarnya album baru System Of A Down yang entah kapan jadinya lebih baik kita (Kita? Saya aja kaleee) menikmati nomor-nomor yang pastinya keren di album solo sang drummer,  tapi ya nanti tanggal 28 Februari.


Sekian.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x