Mohon tunggu...
Ika Pudji Hartanti
Ika Pudji Hartanti Mohon Tunggu... Guru - Seorang Guru

Nama : Ika Pudji Hartanti seorang Guru atau tenaga pendidik di SMP Negeri 1 Babalan Kab. langkat Sumatera Utara..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Minggu Ke-8B

19 Desember 2021   21:40 Diperbarui: 19 Desember 2021   21:52 270
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1.4.a.10.2. Jurnal Refleksi -- Minggu ke 8 b

Oleh : IKA PUDJI HARTANTI, S. Pd

CGP Angkatan 4 dari SMP NEGERI 1 BABALAN Kec. Babalan Kab. LANGKAT   SUMATERA UTARA

Langkat, 19 Desember  2021

Jurnal Refleksi Mingguan -- Minggu 8 ( Model  4 F )

Pada refleksi minggu ke-8 saya memilih model refleksi 4F, yaitu model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan uraian sebagai berikut :

Facts (Peristiwa)

Di minggu terakhir ini masih dengan modul 1.4 Budaya Positif dan masih melanjutkan mengerjakan tugas -- tugas LMS saya yang masih tertunda. Kemudian Mengerjakan Refleksi Terbimbing dan Mengerjakan Deminstrasi Kontekstual Segitiga Restitusi. Demonstrasi Kontekstual kali ini kami di minta untuk membuat skenario lengkap 2 kasus mengenai murid yang melanggar peraturan. 

Kemudian kami mengajak 1 siswa untuk melakukan praktik segitiga restitusi dan meminta tanggapan murid mengenai perasaan mereka. 

Kemudian kami diminta untuk merekam praktik segitiga restitusi itu dalam bentuk video dan mengharuskan mengunggah video tersebut ke channel youtobe. 

Saat perekaman video saya benar -- benar grogi tetapi yang luar biasa murid -- murid saya sangat antusias membantu sehingga perekaman video berjalan lancar walaupun harus beberapa kali di ulang karena ada gangguan.

Feelings (Perasaan)

Perasaan saya sangat senang bisa sampai ke tahap ini dan masih sehat untuk menyelesaikan tugas - tugas yang ada walaupun harus berbagi waktu antara mengajar dan mengurus anak tetapi sangat semangat. Sebelum nya saya sempat bingung pada saat Ibu Rima selaku fasilitator memberikan arahan untuk mengerjakan modul 1.4.a.7. Demonstrasi Kontekstual karena petunjuk nya harus membuat video tetapi dengan saling tukar pendapat dengan sesama rekan CGP dan bantuan serta dukungan murid -- murid akhirnya video dapat selesai.

Findings (Pembelajaran)

Setelah saya memahami segitiga restitusi saya akan menerapkan nya di kelas saya bersama murid -- murid saya. Karena ternyata segitiga restitusi sangat baik cara kita menyelesaikan masaalh tanpa menyudutkan atau menyalah kan murid. Kita memberikan mereka restitusi untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Future (Penerapan)

Untuk kedepannya saya akan berusaha melaksanakan budaya positif dengan penuh harapan agar murid saya menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai -- nilai yang mereka percaya.Terutama penerapan segitiga restitusi. 

Melalui budaya positif yang nantinya akan saya terapkan di kelas, saya ingin merealisasikan stigma yang pernah saya dengar yaitu " Tidak ada murid yang bodoh / nakal, yang ada adalah murid yang belum ketemu dengan guru yang tepat ". 

Semoga saya adalah salah satu dari guru yang tepat tersebut melalui penerapan budaya positif ini. Dan semoga murid -- murid saya benar -- benar menemukan saya sebagai guru yang tepat bagi mereka. 

Dan semoag saya juga bisa menularkan semua yang saya dapatkan kepada rekan -- rekan sejawat saya di sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun