Mohon tunggu...
Ika Nurfiyanti Lestari
Ika Nurfiyanti Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Universitas Airlangga

Halo semua, aku memiliki tipe kepribadian ISFP dan memiliki hobi menulis dan menonton film

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cyber Bullying Terlihat Sepele, tapi Bahaya, Bagaimana Dampaknya bagi Kesehatan Mental Korban?

25 Juni 2022   21:10 Diperbarui: 25 Juni 2022   21:12 101 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sekarang ini perkembangan teknologi dan informasi semakin maju, aktivitas manusia pun serba online. Salah satunya cara manusia berinteraksi sosial secara tidak langsung (dunia maya) yang dapat dilakukan dengan mudah kapan pun dan dimana pun dengan bantuan media sosial (Instagram,Facebook, Tiktok, Twitter, Whatsup,dll). Adanya media sosial tentunya memiliki dampak positif, seperti memudahkan interaksi social. Namun, tahu kah kamu jika media sosial juga memiliki dampak negatif, seperti kerapnya fenomena tindakan bullying yang biasa disebut cyber bullying.  

Cyber bullying adalah bentuk kekerasan seperti diejek, dihina, dipermalukan melalui media internet. Kowalski, Limber, & Agatson, 2012 berpendapat bahwa cyber bullying bisa dalam bentuk pencemaran nama baik dalam bentuk tulisan ataupun gambar, baik berupa foto maupun video melalui internet, smartphone, atau melalui media elektronik lainnya. Sedangkan menurut Riffaudin, 2016 mengungkapkan jika bentuk dari tindakan cyber bullying ada beberapa macam yaitu menghina, mengunggah foto, bahkan sampai melakukan akses pada akun media sosial orang lain, baik melalui e-mail dan melalui situs web untuk menyebarkan ketidakbenaran agar korban merasa terintimidasi.

Cyber bullying di dalam media sosial media sangatlah lumrah, bahkan tanpa disadari kita bisa saja menjadi pelaku atau korban. Pelaku melakukukan cyber bullying biasanya karena marah, membalas dendam, atau bahkan niatnya bercanda, tapi sudah sangat kelewatan dan menyakiti perasaan. Bagi korban cyber bullying  tentunya sangat membawa efek negatif bagi kesehatan mental, seperti tidak memiliki rasa percaya diri, murung, malu, dan cemas. Dampak lain yang lebih nyata seperti, depresi, rendah diri, ketidakberdayaan, kecemasan sosial, keinginan untuk bunuh diri, ketakutan, merasa lemah dan sendirian, harga diri menjadi rendah, kerenggangan hubungan, masalah emosional dan masalah pertemanan (Cassidy, Faucher, Jackson, 2013).

Oleh karena itu, jangan sepelekan komentar mengejek, menghina, atau menyerbarkan ketidakbenaran dimedia sosial karena itu termasuk tindakan cyber bullying yang pastinya sangat berpengaruh pada kesehatan mental atau psikologis korban dan dapat mengakibatkan depresi, kurangnya rasa percaya diri, cemas, dan yang paling parah adalah keinginan untuk bunuh diri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan