Mohon tunggu...
Ika Maya Susanti
Ika Maya Susanti Mohon Tunggu... Penulis - Bloger

https://www.blogimsusanti.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Agar Sukses Berkarir di Luar Negeri

26 Mei 2022   11:30 Diperbarui: 26 Mei 2022   11:32 144 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: pixabay

Dapat tantangan berkarir di luar negeri? Hm, pasti kita langsung terbersit dengan besarnya penghasilan yang nanti bisa kita dapatkan. 

Buat mereka yang optimis, tentunya hal ini terasa menyenangkan. Seperti kejatuhan duria runtuh! 

Tapi bagi mereka yang ragu atau merasa cukup puas dengan kondisi yang sudah ada saat ini, beda lagi ceritanya. Tak akan ada bayangan menyenangkan yang terbersit di benaknya. Yang ada, justru setumpuk kekhawatiran.

Padahal aslinya, banyak keuntungan yang bisa didapatkan saat seseorang memutuskan berkarir di luar negeri. Kita bisa mendapatkan pengalaman serta lingkungan baru, gaji yang didapat lebih menggiurkan dari pada di dalam negeri, serta peluang mendapatkan referensi karir yang lebih baik.

Biasanya mereka yang memiliki referensi bekerja di luar negeri kemudian kembali ke Indonesia, bisa mendapatkan kedudukan yang lebih mapan dan karir yang lebih melejit.

Hal ini dikarenakan pengalaman serta keahlian yang dikembangkan di negara lain tempat kita berkarir sebelumnya, diharapkan nantinya dapat ditularkan kepada SDM yang ada di tanah air. 

Yuk Ketahui Juga Tentang Berkarir dengan Third Country Nationalist

Ada beberapa model kebijakan sebuah perusahaan yang memungkinkan seseorang bekerja tidak di negeri asalnya. Umumnya, staffing decision yang berkaitan dengan kebangsaan terbagi menjadi tiga, parent country nationalist, host country, dan third country nationalist.

Misalnya, jika perusahaan Jepang yang ada di Indonesia mempekerjakan orang Jepang juga di perusahaan mereka yang ada di Indonesia, berarti kebijakan yang diambil adalah memperkerjakan parent country nationals. 

Lalu jika perusahaan itu merekrut pekerja Indonesia untuk diperkerjakan di perusahaan mereka di Indonesia, maka keputusan tersebut adalah mempekerjakan host country nationals. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan