Mohon tunggu...
Ika Luthfiyyah Nurmawati
Ika Luthfiyyah Nurmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka sekali dengan kucing dan makanan manis. Sesekali juga suka baking.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Kampus Mengajar: Ikut dengan Modal Percaya Diri

3 Juli 2022   19:40 Diperbarui: 3 Juli 2022   19:48 30 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pembelajaran Literasi/Dok pribadi

Selamat datang di tulisan pertamaku mengenai program Kampus Mengajar yang aku ikuti di periode ketiga program ini berjalan. Oiya, kenalin, namaku Ika, kuliah di Universitas Sebelas Maret, jurusan Pendidikan Sosiologi Antropologi. Aku mengikuti program ini di semester 6. Aku bakal cerita soal pengalamanku terutama kesulitan aku sebagai orang yang belum pernah ada pengalaman mengajar. Kalo kalian cari bagaimana cara mendaftarnya, silahkan kunjungi website resminya ya, disini

Awal Mengajar

Tidak ada clue, itu kalimat yang paling menggambarkan situasi di awal mengajar. Berikut beberapa kebingungan dan kesulitan di awal-awal mengajar:

1. Aku canggung dengan anak kecil, jadi ketika berkomunikasi dengan murid itu rasanya awkward. Untuk sekadar bertanya soal personalnya seperti makanan kesukaannya saja, aku banyak mikir.

2. Tidak tahu anak SD itu belajar materi apa saja.

3. Tidak tahu bagaimana cara mengajarkan materi tersebut dengan metode belajar seperti apa.

4. Tidak tahu permainan belajar atau kegiatan kreatif untuk para murid.

Sebenarnya masih ada lagi kesulitan lainnya, tapi keempat hal ini cukup menggambarkan betapa ketidaktahuan aku dalam dunia pendidikan sekolah dasar. Lalu, bagaimana cara aku menghadapi kesulitan-kesulitan tersebut?

1. Mau Belajar

Dimana pun kita berada, kita selalu belajar akan suatu hal. Sama seperti mengikuti program Kampus Mengajar, aku belajar banyak hal baru yang mungkin ga akan kudapatkan di kampus. Aku yang canggung dengan anak kecil, akhirnya mencari buku ilmu parenting untuk anak-anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan