Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendidikan Digital di Masa Emas Anak

22 Oktober 2020   12:03 Diperbarui: 22 Oktober 2020   12:07 186 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendidikan Digital di Masa Emas Anak
Dok. pribadi

Pendidikan di masa emas anak merupakan benih yang menentukan masa depan anak. Pada dasarnya memang anak memerlukan pendidikan sebagai pondasi mereka.  Pendidikan di usia dini sangat penting bagi anak, begitu juga dengan pendidikan sekolah dasar. Di tahun ini pandemi virus corona memang menjadi ancaman yang sangat mengkhawatirkan untuk kesehatan masyarakat.

Dengan fakta tersebut orang tua memiliki kekhawatiran tersendiri kepada kondisi kesehatan anak mereka. Salah satu solusi yang bisa diambil adalah dengan melakukan sistem pembelajaran online. Akan tetapi perlu adanya pendampingan dari orang tua agar dapat memberikan bimbingan terhadap anak serta membantu anak dalam memahami pembelajaran online.

Pada masa digital ini orang tua perlu memberikan perhatian lebih untuk mengawasi penggunaan smartphone pada anak usia dini hingga remaja. Selain untuk mendukung proses belajar anak, pengawasan dan bimbingan oleh orang tua bertujuan untuk memberikan energi positif pada kondisi psikologis anak sehingga bisa melakukan pembelajaran dengan sangat efektif dan efisien.

Sebagai orang tua, yang harus diperhatikan pertama-tama adalah kesiapan anak dalam belajar secara online. Seperti yang kita ketahui bahwa kelas online sangat berbeda dengan kelas tatap muka. Kelas online mengandalkan materi dan metode belajar digital tanpa bisa melihat langsung dan tatap muka dengan pengajar.


Umumnya pengajar kelas online membentuk grup diskusi untuk memberikan sesi tanya jawab kepada para pelajar untuk mereview materi pembelajaran atau menanyakan perihal materi lain yang terkait dengan kelas online yang di ikuti. Sudah banyak kelas online yang dibuka dan menerima pendaftaran pelajar baru sehingga orang tua bisa memilah serta memilih kelas online mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran anak-anak.

Pendidikan digital di era emas anak ini perlu adanya perhatian lebih karena anak tidak bisa mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah lantaran adanya pandemi. Sedangkan pembelajaran online memerlukan pemahaman yang lebih apalagi di anak usia dini hingga remaja. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x