Mohon tunggu...
Evin
Evin Mohon Tunggu... Tutor - Writer

Tertarik pada konten yang menarik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hardiknas dan Tantangan Pendidikan di Era Digital

2 Mei 2024   21:30 Diperbarui: 2 Mei 2024   21:31 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: https://unsplash.com/@yansphotobook

Dunia terus berputar, dan era digital telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Perkembangan teknologi yang pesat membawa perubahan besar di berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ini, mari kita renungkan bersama tentang tantangan dan peluang baru yang dihadapi pendidikan Indonesia di era digital.

Pendidikan selalu menjadi kunci kemajuan bangsa. Generasi muda adalah aset berharga yang perlu dididik dan dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi masa depan. Di era digital ini, tuntutan dan kebutuhan terhadap pendidikan semakin kompleks.

Mari kita selami lebih dalam tentang tantangan dan peluang baru yang dihadapi pendidikan Indonesia di era digital, dan bagaimana kita dapat bersama-sama membangun generasi unggul yang siap membawa bangsa ini ke masa depan yang lebih gemilang.

Tantangan apa aja sih yang dihadapi pendidikan di era digital?

1. Kesenjangan Akses

Di era digital ini, internet udah kayak oksigen yang penting buat bernapas. Tapi, gimana kalau akses internetnya kayak sinyal di gunung, susah sekali dicari? Nah, ini yang dihadapi anak-anak di daerah terpencil. Mereka mau belajar online, eh internetnya lemot kayak siput. Mau download materi, eh kuotanya cepet abis.


Di sisi lain, anak-anak di kota besar malah dibanjiri informasi digital. Notifikasi dari media sosial terus-terusan muncul, game yang seru menggoda, dan video-video menarik di YouTube bikin mereka lupa waktu belajar.

2. Distraksi Digital

Pernah nggak ketika kamu lagi belajar, eh tiba-tiba ada notifikasi dari media sosial? Atau lagi mengerjakan tugas, tiba-tiba pengen main game? Nah, ini nih yang namanya distraksi digital. Si monster yang selalu berusaha bikin fokus kita buyar.

Di era digital ini, gadget dan media sosial udah kayak sahabat karib kita. Tapi, saking dekatnya, mereka bisa berubah jadi monster yang bikin kita susah fokus belajar. Notifikasi yang bertubi-tubi, game yang seru menggoda, dan platform media sosial yang penuh dengan konten menarik bikin kita lupa waktu belajar.

Akibatnya, nilai di sekolah jadi turun, tugas-tugas menumpuk, dan kualitas pendidikan pun menurun. Si monster ini kayak virus yang bikin otak kita jadi lambat dan susah berkonsentrasi.

3. Cyberbullying

Coba bayangkan, kamu lagi asyik main media sosial, eh tiba-tiba ada komentar yang menghina kamu. Atau, kamu lagi chat dengan teman, tiba-tiba ada yang menyebarkan foto memalukan kamu. Nah, ini lah yang namanya cyberbullying. Ancaman di dunia maya yang bikin mental anak-anak terluka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun