Mohon tunggu...
Ika Tcn
Ika Tcn Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Hai, salam kenal. Terimakasih sudah berkunjung. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tiga Hal Penting Mengenai Room Division Pada Hotel

30 Oktober 2019   11:00 Diperbarui: 30 Oktober 2019   12:16 1843
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karena di hotel terdapat banyak devisi atau department, kali ini aku bakal sedikit mengulas tentang Room devision terlebih dahulu. Sebenarnya yang dimaksud dengan tiga hal penting yang harus ada di room devision/ devisi kamar pada hotel adalah Front Office(FO), Laundry, dan Houskeeping. Karena salah satu penjualan hotel adalah kamar, front office bertugas untuk menerima tamu, housekeeping bertugas untuk menyediakan kamar dan laudry memiliki tugas untuk mencuci. Tapi apakah hanya itu tugas di devisi kamar?

Sebelum membahas lebih lanjut aku akan bahas sedikit tentang hotel management yang aku dapat di kelas beberapa waktu yang lalu.

Hotel Management

Meskipun sama-sama bergerak di bidang pariwisata, bisnis hotel terpisah dengan bisnis perjalanan. Karena salah satu produk hotel adalah menjual kamar, maka tiap bulannya pun juga harus ada laporan, karena tujuan utama hotel adalah untuk komersial maka yang dicari adalah keuntungan. Biasanya profit yang didapat sebesar 80% sedangkan 20% lagi untuk gaji (12%) dan supply (8%). Dalam management ini harus ada POAC (planning, organizing, actuating, controling) agar tercapainya tujuan perusahaan yakni untuk mencari keuntungan dan mampu membuat tamu puas dengan menggunakan tenaga manusia dan sumber daya lainnya dalam operasionalnya.

diolah pribadi
diolah pribadi
Jadi kurang lebih hotel management itu mengedepankan unsur manusia yang diberi kekuasaan dari pemilik modal untuk dikelola supaya mendapat keuntungan. Keuntungan di hotel biasanya berasal dari penjualan kamar, makanan, minuman, telephone, dan operasi lainnya atau sering disebut Other Operating Department (OOD). OOD sendiri merupakan minor departmen revenue yang merupakan penghasil uang namun sedikit, contohnya swimming pool, fitness center, dan spa. Sedangkan untuk major department revenue merupakan devisi yang mampu menghasilkan uang yang banyak, contohnya kamar, restoran, dan steward.

Front Office

Front office (FO) itu yang mana, apakah yang bekerja menerima tamu di balik meja ? bukan hanya itu, yang dimaksud FO disini meliputi Reservation, reception, information, concierge, bellboy, doorman, dan masih banyak lagi. Meski begitu, sebagian besar pekerjaan banyak dilakukan di front desk, dimana merupakan tempat pertama yang para tamu singgahi, menjadi pusat layanan, penyelesaian check out dan pembayaran.

Beberapa istilah yang perlu di ketahui FO mengenai status kamar adalah Occupied, complimentary, stayover, on change/ unclean, sleep out, vacant ready, out of order, due out, late check out, dan masih banyak lagi. Untuk pengetahuan dasar mengenai front office sebenarnya sudah aku bahas belum lama ini. Baca disini untuk lebih lengkapnya.

Housekeeping

Housekeeping (HK) bertanggung jawab atas kebersihan, pemeliharaan, dan peningkatan estetika di hotel. Dengan kata lain houskeeping dituntut untuk mampu menjaga kebersihan di seluruh area hotel, menjaga keamanan dan menciptakan kenyamanan bagi setiap tamunya. Seksi-seksi di housekeeping meliputi room section, houseman section, linen and uniform, room expenses, flower section, recreation, dan HK office.

Beberapa tugas dari houskeeping adalah melakukan pemeliharaan dan membersihkan kamar tamu hotel, menjaga kebersihan public area, membuat laporan status kamar pada bagian FO, melakukan pemeriksaan dan pencatatan barang yang rusak atau hilang, dan masih banyak lagi. Area umum (public area) yang termasuk tanggung jawab HK untuk di jaga pemeliharaannya adalah lobby, corridor, ballroom, swimming pool, kids center, lounge, sport center, dll.

Laundry

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun