Mohon tunggu...
Ika Nur Aini
Ika Nur Aini Mohon Tunggu... Freelancer - Freshgraduate Bimbingan dan Konseling

MediaBerproses

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Hari Gini Gak Kenal Sama Diri Sendiri???

28 Desember 2023   20:45 Diperbarui: 28 Desember 2023   20:46 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber : Pinterest Audrey Baugh

Hari gini masih gak kenal sama diri sendiri?????

Kebanyakan dari kita terlalu sibuk mengenali pasangan, teman ataupun orang lain. Namun, kita lupa untuk kenal dirinya sendiri.

Sudah berapa tahun kalian hidup di dunia ini????

Saya termasuk orang yang terlambat sadar untuk kenal sama diri sendiri. 23 tahun hidup di dunia, setelah mendapatkan tamparan yang akhirnya membuat saya untuk fokus mengenal diri saya.

Saya selalu bingung jika ditanya, apa hewan kesukaanmu? Apa makanan favoritmu? Apa yang sering membuat kamu sedih? Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang akhirnya saya tidak bisa menjawab dengan sederhana.

Tamparan kecil yang akhirnya membuat saya sadar adalah ketika saya mengikuti kelas pra-nikah. Narasumber bertanya kepada peserta, “laki-laki atau jodoh yang seperti apa yang kalian inginkan?”  Dan saya tidak bisa jawab. Beliau bilang akan sulit ketika kalian ingin mencari jodoh. Namun, kamu tidak tau jodoh yang seperti apa yang kamu inginkan. Karena memang jodoh adalah bentuk usaha, doa dan berpasrah. Salah satu alasan mengapa kamu tidak bisa menjawab adalah karena kamu “Tidak kenal dengan dirimu sendiri.”

Lalu, saya berpikir dan saya dan saya kaitkan dengan hal lainnya. Seperti tujuan hidup, target hidup, cita-cita, apa kelebihan dan kekurangan saya, minat, bakat, karakter diri dan masih banyak lagi.

Poin penting dalam tulisan ini adalah betapa pentingnya mengenal diri sendiri.

Banyak manfaat yang akan di peroleh saat kita kenal siapa kita. Berikut adalah manfaat yang akan diterima:

  • Membantu dalam menentukan karir. Menentukan karir akan menjadi sulit jika kita tidak tau apa minat dan bakat yang kita miliki. Namun, jika kita sudah kenal dan tau apa yang menjadi minat dan bakat kita, kita akan fokus pada karir yang sesuai dengan diri kita.
  • Meningkatkan motivasi diri. Setelah mengenal diri kita, pasti kita punya target dan bucket list yang ingin kita lakukan sehingga setiap harinya akan ada motivasi diri yang membantu kita untuk merealisasikan rencana-rencana hidup yang telah dibuat.
  • Mengehamat waktu. Ketika kita kenal diri kita, kita tidak akan banyak membuang waktu untuk mecari, mecoba sesuatu yang tidak sesuai dengan tujuan hidup kita. Namun, kita akan tetap fokus dengan apa yang menjadi tujuan kita.
  • Pengembangan potensi diri. Fokus dengan diri dan fokus untuk terus meningkatkan kemampuan yang ada di dalam diri.

So, Walaupun 2023 akan berakhir, belum terlambat untuk berusaha mengenal diri lebih dalam lagi. Jangan terlalu sibuk mencari tau, ataupun mengenal orang lain sebelum kalian kenal dengan diri kalian sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun