Mohon tunggu...
Iis Santi Wirastuti
Iis Santi Wirastuti Mohon Tunggu... Wiraswasta - Momwriterpreneur

Ibu rumah tangga yang menyenangi dunia anak-anak, bisnis dan literasi. Menulis menjadi bagian dari caranya berbagi inspirasi tentang pengasuhan anak-anak, keluarga dan dunia perempuan. Sekaligus meninggalkan jejak karya atas setiap ilmu, hikmah dan pengalaman hidup.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Peran Ibu dalam Menyiapkan Generasi Penerus Bangsa

3 November 2022   05:00 Diperbarui: 3 November 2022   05:01 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Masa depan suatu bangsa ada di tangan para wanitanya. 

Lazim kita mendengar sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa masa depan sebuah negara itu bisa diliat dari kualitas kaum wanitanya saat itu. Jika para wanitanya baik, maka masa depan bangsa akan baik, begitu pula sebaliknya.

Berbicara tentang masa depan sebuah bangsa dan kualitas kaum wanita, tentu saja kita akan merujuk pada peran ibu dalam mendidik anak-anak generasi penerus bangsa. Peran ibu ini sangat penting karena ibu adalah sekolah pertama dan utama bagi anak-anaknya.

Inilah peran para ibu Indonesia dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, berbudi pekerti luhur, dan cinta Indonesia.

1. Ibu Cermat yang Membiasakan Anak Hidup Sehat.

Ibu menjadi pemegang peran utama dalam urusan kesehatan keluarga terlebih lagi terkait dengan apa saja asupan bagi anak-anak. Setiap ibu pasti menginginkan anak-anaknya tumbuh sehat dan kuat. Karena kesehatan merupakan modal utama bagi tumbuh kembang anak. Kesehatan dan kekuatan fisiknya akan menunjang semangat belajar dan prestasi anak.

Maka seorang ibu yang cermat akan selalu berusaha menghidangkan aneka santapan yang sehat dan lezat tentu saja. Membangun kebiasaan yang sehat juga menjadi bagian dari tugas ibu Indonesia. Memastikan anak-anak tidak mengkonsumsi makanan dan minumam yang unfaedah apalagi yang terlarang semacam mirassantika (minuman keras dan narkotika).

2. Ibu Cerdas yang Mencerdaskan.

Ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Lima tahun pertama anak yang merupakan Golden Age-nya dihabiskan lebih banyak bersama dengan sang ibu. Kecerdasan anak sangat tergantung pada stimulasi di awal perkembangannya. Stimulasi yang tepat dan optimal akan mengoptimalkan kemampuan dan potensi anak. Bakat dan minat  bisa ditemukan, diarahkan dan dikembangkan sejak dini sehingga fokus dan mampu berprestasi tinggi.

Semua kemampuan itu sangat ditunjang dengan kecerdasan ibu. Seorang ibu yang cerdas mempunyai pengetahuan yang luas tentang tumbuh kembang anak, peka terhadap setiap kondisi perkembangan anak, serta mampu memberikan pendampingan yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak. 

Mulai dari urusan menyemangati, menemani belajar hingga menemukan tempat les atau kursus yang pas adalah bagian dari kecerdasan seorang Ibu. Doa dan support luar biasa inilah yang menjadi modal utama anak-anak untuk meraih prestasi dalam hidupnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun