Mohon tunggu...
Iip  Syarip Hidayat
Iip Syarip Hidayat Mohon Tunggu... Seorang guru pembelajar

Belajar dan terus belajar, Menulis merupakan sebuah Hobby. email :iipsyarip1@gmail.com Fb. Iip Syarip Hidayat

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Sisi Lain Guru Daerah Terpencil (Antara Fakta dan Realita)

25 November 2020   13:42 Diperbarui: 25 November 2020   15:33 152 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sisi Lain Guru Daerah Terpencil (Antara Fakta dan Realita)
swarapangandaran.com

Oleh : Iip Syarip Hidayat

Peranan guru dalam dunia pendidikan sangatlah penting sekali Karena guru adalah ujung tombaknya pendidikan.. Guru jugalah ayang langsung bersentuhan dangan peserta didik. Guru memiliki peran strategis terhadap hasil belajar  peserta didik. jadi yang lebih mengetahui kondisi peserta didiknya adalah guru itu sendiri.  Maju mundur pendidikan juga ada di tangan guru. Maka sudah sepantasnya guru mendapat kedudukan yang tinggi.  Tak bisa di pungkiri kini profesi guru menjadi salah satu profesi yang banyak diminti dan maish  menjadi primadona sampai saat ini. Setelah muncul kebijakan -- kebijakan yang lebih mengangkat harkat dan derajat guru.

Ketika berbicara kesejateraan yang diterima dengan guru pada era 10 tahun kebelakang ini  memang sangat juah sekali. Kini guru semakin sejahtera. Namun apakah semua guru mau ditempatkan di daerah terpencil yang jauh dari hiruk pikuk kota ?

Nah pertanyaan inilah yang menggelitik  sekali.

"Jika semua guru berfikir untuk mau mengajar di tempat yang nyaman, dekat dengan pusat keramaian dan mudah menjangkau semua fasilitas, lantas siapa yang akan mengajar di daerah? lantas guru mana yang mau ditempatkan di daerah terpencil tersebut?"

Tentunya kalau ditanya secara jujur satu persatu pastinya jawaban dari mereka rata- rata akan menjawab tidak.  Artinya di daerah terpencil akan kekurangan guru. Ketika ada penempatan di daerah satu atau dua tahun bertahan kemudian minta pindah ke kota karena tidak tahan mengajar di kampung yang serba jauh.lantas apa yang akan terjadi ?

Namun ada sisi lain yang  bisa kita lirik, bahwa ternyata ada beberapa keuntungan dan alasan dari guru daerah yang bertahan mengajar di daerah. Apa saja itu yuk kita baca dibawah ini !

Ada beberapa alasan kenapa kita harus tetap mau mengajar di daerah terpencil di antaranya adalah

  • Guru daerah terpencil mempunyai tantangan tersendiri karena bisa dengan berbagai latar belakang siswa terutama anak- anak yang masih polos, orangtuanya yang jarang lulusan sekolah tinggi. Sehingga ini menjadi sebuah seni mengajar tersendiri untuk seorang guru dan  tantangan situasi yang berbeda dengan dikota, seperti akses sinyal, jalan yang masih belum bagus.
  • Mengajar di daerah terpencil mempunyai sebuah kepuasan tersendiri ketika anak- anak daerah bisa memperoleh pengajaran yang layak seperti anak- anak di kota apalagi jika anak- ankanya berhasil menjadi juara dalam berbagai even.
  • Guru derah terpencil punya mental dan fisik yang kuat karena guru di daerah terpencil harus turun naik gunung melewati lembah sehingga punya ketahanan fisik yang kuat.
  • Jika semua guru ingin pinda mengajar di kota, lalu bagaimana dengan anak- anak didaerah terpencil ? Lalu  siapa lagi yang akan menjadikan lilin penerang buat mereka ?
  • Guru daerah terpencil bisa mengolah kekayaan alam di area sekolah dan lingkungan sekitar sebagai pemenuhan kebutuhan pangan.
  • Bisa berbaur dengan msayarakat secara langsung dan juga bisa lebih dekat dengan siswa.
  • Umumnya siswa dikampung lebih sopan dan lebih nurut terhadap gurunya. Jadi guru lebih mudah mengarahkannya.
  • Ketika guru di daerah terpencil  bisa mengikuti event -- event perlombaaan dan bisa bersaing dengan guru -- guru di kota, maka menjadi sebuah kebanggan tersendiri karena ketika guru di kota punya banyak prestasi itu hal biasa namun ketika guru yang berada di gunungdengan segala keterbatasannya bisa berperstasi menurutku itu luar biasa.
  • Kepedulian terhadap anak -- anak desa yang mempunyai hak sama untuk belajar, jika semua ingin mengajar di kota maka siapa lagi yang akan menjadikan lilin penerang buat mereka ?
  •  Ladang amal untuk bekal nanti, karena guru didaerah itu multifungsi, bisa menjadi guru ngaji untuk para siswa, bisa mejadi tokoh di masyarakat karena dipandang sebagai orang yang multi talenta dan berpendidikan tinggi.

Demikian alasan alasan kenapa seorang guru harus meu mengajar di daerah terpencil, yang tentunya masih banyak alasn- alsan lain. Namun penulis hanya bisa memberikan gambaran saja. Maka sudah sepatutnya kita menghargai kiprah para guru yang mau mengajar did aerah terpencil baik itu PNS maupun nin PNS. Tak berlebihan rasanya jika pemerintah yang mempuyai kebijakan memberikan perhatian lebih untuk para guru yang memjadi obor penerang di daerah terpencil ini. Bukan berarti guru -- guru tersebut tidak ikhlas dalam menjalankan tugas, namun sudah selayaknya hal ini menjadi perhatian pemerintah yang memangku kebijakan. Karena seperti dijelaskan diatas, tak mudah melakasnakan tugas di daerah terpencil karena tidk semua guru mampu.

Maka dihari guru ini saya mengucapkan selamat hari guru untuk seluruh guru di Indoensia dari sabang sampai merauke, juga tak lupa untuk guru- guru yang mengajar di daerah 3T, perbatasan luar negeri seperti sabah dan serawak perjuangan kalian luar biasa. Semoga para obor penerang dalam gulita ini terus berkobar  dan menjadi penerang di setiap sudut negeri. Hidup guru jasamu luar biasa !! Jayalah guru Indonesia!!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x