Mohon tunggu...
Iin Zubaidah
Iin Zubaidah Mohon Tunggu... Guru - Alumni IAIN Surakarta Jurusan Sejarah Peradaban Islam

Dalam Proses membangun budaya membaca dan Menulis. Menerima masukan, saran dan kritik yang membangun. Terimakasih Salam Literasi :)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Untuk Kamu yang Ingin Memilih Jurusan Ilmu Sejarah, Perhatikan 7 hal ini!

1 September 2022   07:44 Diperbarui: 1 September 2022   07:46 173 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Memilih jurusan bukanlah perkara gampang. Alangkah baiknya jika kita dapat memilih jurusan yang cocok dengan minat kita. Sehingga kita bisa enjoy selama menempuh perkuliahan.

Selain memilih jurusan sesuai minat dan bakat. Penting juga untuk mengenal lebih jauh tentang ruang lingkup jurusan yang akan kalian pilih. 

Nah, untuk kamu yang ingin memilih jurusan sejarah, penting banget mengenal lebih jauh tentang jurusan ini. Belajar ilmu sejarah di perkuliahan, amat sangat berbeda, dengan belajar sejarah waktu di sekolah ya teman-teman. 

Belajar sejarah di jenjang kuliah, bukan hanya sekedar menghafal nama-nama tokoh dan tahun-tahun terjadinya suatu peristiwa. Namun belajar ilmu sejarah di jenjang perkuliahan itu jauh lebih kompleks. Karena, Mahasiswa jurusan sejarah sendiri, memang disiapkan untuk menjadi seorang sejarawan muda, yang bertugas untuk merekonstruksi peristiwa-peristiwa di masa lampau. 

Jadi, sebelum memilih jurusan ini, ada baiknya kalian mengetahui beberapa hal berikut ini. Apakah sajakah itu?

1. Mahasiswa sejarah Harus Punya Hobi Membaca!

Membaca adalah senjata bagi para mahasiswa sejarah. Dengan rajin membaca, tentunya kalian akan memperoleh pengetahuan tentang berbagai peristiwa sejarah itu sendiri.

Bukan hanya itu, membaca sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Serta, menaikkan kemampuan menganalisis peristiwa sejarah yang sedang kalian pelajari.

Selain itu, karena produk mahasiswa sejarah berupa tulisan. Maka tingginya jam terbang baca, sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan, kemampuan menulis yang bagus tidak bisa diperoleh secara instan. Kegiatan membaca akan menambah perbendaharaan kosakata kalian. Sekaligus menambah pengetahuan tentang bagaimana cara menulis yang baik dan benar. Maka dari itu, dengan memperbanyak membaca, secara tidak langsung akan mengasah kemampuan menulis kalian juga. 

So, bagi kalian yang ingin memilih jurusan sejarah. Mau nggak mau membaca harus dijadikan sebagai hobi! 

2. Menguasai Bahasa Inggris

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan