Kunci Jawaban Post Test 1 Berkenalan dengan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, emosi, dan sosial. Anak-anak ini dalam perkembangannya mengalami hambatan, sehingga tidak sama dengan perkembangan anak sebayanya. Hal ini menyebabkan anak berkebutuhan khusus memerlukan suatu penanganan yang khusus. Anak yang mempunyai keterbatasan fisik belum tentu mempunyai keterbatasan intelektual, emosi, dan sosial. Namun, apabila seorang anak mempunyai keterbatasan intelektual, emosi, dan sosial, biasanya mempunyai keterbatasan fisik
Tidak mudah untuk mengetahui bahwa seorang anak dikategorikan sebagai anak berkebutuhan khusus, sehingga diperlukan derajat dan frekuensi penyimpangan dari suatu norma. Seorang anak berkebutuhan khusus adalah mereka yang berbeda dari norma sedemikian signifikan dan begitu sering sehingga merusak keberhasilan mereka dalam aktivitas sosial, pribadi, atau pendidikan.
Untuk mengenalkan pendidikan khusus kepada masyarakat, tentunya kita perlu mengidentifikasi terlebih dahulu miskonsepsi yang berkembang seputar pendidikan khusus. Dengan mengetahui miskonsepsi seputar pendidikan khusus, maka kita dapat mengambil tindakan dan memberikan pemahaman yang tepat mengenai pendidikan khusus.
Memahami makna dari pendidikan inklusif merupakan modal utama satuan pendidikan dalam mewujudkan pendidikan untuk semua. Seperti diketahui, peserta didik pada sekolah inklusif terdiri dari peserta didik reguler dan peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK). Ibu dan Bapak Guru mungkin bertanya, bagaimana pembelajaran di kelas tersebut? Bagaimana penerapan kurikulumnya? Video ini akan menjelaskan prinsip adaptasi yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan belajar PDBK di satuan pendidikan.
Berkenalan dengan peserta didik berkebutuhan khusus tentunya diawali dengan mengetahui jenis-jenis kebutuhan khusus tersebut. Dengan mengenali setiap kebutuhan khusus tersebut, maka akan tumbuh empati kita untuk mendukung PDBK dalam pembelajaran dan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif.
Post TestÂ
1. Tahap awal dalam upaya mengenali jenis kebutuhan khusus peserta didik yang dapat dilakukan oleh seorang guru adalah ...
  a. Identifikasi
  b. Eksekusi
  c. Kolaborasi
  d. Asumsi
  Jawaban : Identifikasi
2. Pernyataan yang benar mengenai pendidikan inklusif adalah...
  a.  Sekolah umum/reguler menerima peserta didik berkebutuhan khusus belajar di sekolah dengan layanan pembelajaran khusus di      ruangan khusus PDBK
  b. Sistem layanan pendidikan yang memberi kesempatan bagi setiap peserta didik untuk mendapatkan pendidikan yang layak            apapun latar belakang dan kondisi dari setiap peserta didik
  c. PDBK di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif belajar bersama-sama teman reguler di kelas namun harus didampingi           belajarnya bersama GPK dengan latar belakang Pendidikan Luar Biasa
  d. Sekolah umum atau reguler menerima peserta didik berkebutuhan khusus belajar di sekolah dengan persyaratan tertentu
Jawaban :Â Sekolah umum atau reguler menerima peserta didik berkebutuhan khusus belajar di sekolah dengan persyaratan tertentu
3. Dalam pembelajaran di kelas inklusif, Pak Akbar menggunakan strategi tutor sebaya untuk mendampingi PDBK lambat belajar.        Strategi yang dilakukan oleh Pak Akbar termasuk adaptasi....
   a. Instruksional
   b. Kurikulum
   c. Lingkungan belajar
   d. Sarana belajar
Jawaban : Kurikulum
4. Kesulitan belajar spesifik yang berkaitan dengan akademik yaitu kesulitan membaca disebut juga dengan istilah...
   a. Disleksia
   b. Diskalkulia
   c. Disgrafia
   d. Lambat belajar
Jawaban : Disleksia