Mohon tunggu...
IKHSAN SETYO WIBOWO
IKHSAN SETYO WIBOWO Mohon Tunggu... -

Semangat Pemuda Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

#AksiBarengLazismu: Pendampingan Masyarakat Program Darurat & Siaga!!!

4 November 2014   05:15 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:45 29 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
#AksiBarengLazismu: Pendampingan Masyarakat Program Darurat & Siaga!!!
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

GUNUNGKIDUL

Daerah ini terkenal tandus dan kering, kenyataan ini memang tidak dapat dipungkiri. Dari 18 kecamatan di kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta sebagian diantaranya adalah daerah batuan kars. Memang dibeberapa daerah kecukupan air melimpah, seperti halnya di pesisir pantai selatan, juga beberapa daerah wisata air seperti air terjun Sri Gethuk, Gua Pindul, ataupun beberapa sumber mata air, yakni Seropan, Beton serta Sumber Ponjong.

Di beberapa daerah di wilayah kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta terutama daerah pelosok memang kebutuhan air bersih menjadi hal yang amat sangat dibutuhkan. Sebagai contoh, disisi utara Gunungkidul yang berbatasan langsung dengan wilayah Klaten, Jawa Tengah dan juga disisi timur yang berbatasan langsung dengan wilayah Basuhan, Eromoko, Jawa Tengah, serta disisi tenggara antara Rongkop, Ponjong, Gunungkidul yang berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Untuk menjangkau daerah tersebut pun harus berjuang keras dan juga menahan nafas dalam-dalam karena medan yang dilalui cukup terjal serta menempuh jarak puluhan kilometer dari pusat kota Gunungkidul, Yogyakarta. Dan juga perlu diketahui, bahwasanya untuk dapat menjangkau daerah-daerah tersebut dibutuhkan pula alat pendukung komunikasi berupa radio komunikasi HT, karena pemenuhan sinyal seluler cenderung kurang atau dapat dikatakan tidak ada sinyal.

Dengan latar belakang masalah tersebut, saya dan beberapa teman mencoba membentuk organisasi sosial kemasyarakatan untuk lebih dari sekedar mengulurkan tangan membantu, tapi juga meringankan beban atau lebih cenderung mendampingi masyarakat. Dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, kami aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, diantaranya SIAGA BENCANA, karena memang Gunungkidul juga sering tejadi bencana tanah longsor ketika musim penghujan. Dan juga kegiatan DROPPING AIR ketika kebutuhan air bersih menjadi sesuatu hal yang amat sangat dibutuhkan ketika musim kemarau, dan kegiatan-kegiatan lain dalam usaha pendampingan masyarakat.

Oleh karena itu, saya membuat proposal ini dalam rangka memberikan informasi kepada khalayak luas, dengan harapan nantinya saya mampu menghimpun donasi bantuan yang akan disalurkan melalui berbagai kegiatan-kegiatan yang akan kami laksanakan ataupun yang telah kami jalankan selama ini. Adapun program yang sekarang tengah kami jalankan ada 2 PROGRAM DARURAT DAN SIAGA, yakni program pengangkatan air bersih dari sebuah gua yang didalamnya terdapat sungai bawah tanah dan juga program pemasangan terminal komunikasi radio HT.

Program pengangkatan air bersih tersebut dalam rangka pemenuhan air bersih di wilayah Kanigoro, Tambakromo, Ponjong yang berbatasan langsung dengan wilayah Eromoko, Jawa Tengah.Dengan harapan, pemenuhan air bersih musim kemarau saat ini tercukupi dan juga ketika saatnya musim kemarau kembali datang, maka masalah pemenuhan air bersih tidak menjadikan kendala yang berarti. Program tersebut dapat menolong ratusan jiwa dalam ratusan Kepala Keluarga, yang mencakup 3 dusun sekelilingnya disisi timur perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Porvinsi Jawa Tengah.

Adapun program pemasangan terminal radio komunikasi HT kami tujukan ke pelosok tenggara Gunungkidul, yakni wilayah Rongkop, Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Tengah. Hal ini kami lakukan untuk SIAGA BENCANA DINI menghadapi musim penghujan yang semakin mendekat. Sehingga sewaktu-waktu terjadi bencana, maka informasi dan komunikasi akan lancar tanpa hambatan gangguan sinyal. Sehingga segala bentuk bantuan dapat cepat dan tepat sasaran, baik bantuan tenaga, kebutuhan medis, dan juga bantuan materi.

Adapun rincian dari 2 program darurat dan siaga tersebut, adalah sebagai berikut :

1.Program Pengangkatan Air Bersih

a.Pompa Air: Rp. 5.000.000,-

b.Pipa Air: Rp. 7.000.000,-

c.Bak Penampungan: Rp. 3.000.000,-

d.Daya Listrik: Rp. 3.000.000,-

e.Peralatan dan Perlengkapan: Rp. 2.000.000,-

TOTAL: Rp. 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah)

2.Program Pemasangan Terminal Radio Komunikasi

a.Perangkat Radio HT: Rp. 2.500.000,-

b.Perangkat Pemancar: Rp. 4.500.000,-

c.Antena Pemancar: Rp. 4.000.000,-

d.Peralatan dan Perlengkapan: Rp. 3.500.000,-

e.Perizinan RAPI: Rp.500.000,-

TOTAL: Rp. 15.000.000,-

Demikian proposal kegiatan sosial ini, harapan saya semoga informasi ini dapat dijadikan gambaran dan renungan bersama. Selain itu, saya berharap semoga khalayak luas dapat menyisihkan rezekinya untuk donasi sosial dalam program kegiatan tersebut. Sehingga program kegiatan tersebut diatas dapat terlaksana dan bermanfaat bagi masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan. Semoga ALLAH membalas keikhlasan kita dengan limpahan rahmadNya. AAMIIIIIIN

Contect Person : IHSAN (0877 3929 2354)

Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan