PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
IHAT MUSLIHAT CGP 6Â
KABUPATEN MAJALENGKA
Tujuan Pembelajaran Khusus:Â
 CGP mengidentifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya tentang aset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki sekolah.
RANCANGAN Â KEGIATAN AKSI NYATA
- CGP melakukan diskusi bersama warga sekolah untuk mengidentifikasi aset yang dimiliki oleh sekolah
- CGP berkolaborasi dengan rekan guru untuk mengidentifikasi aset apa yang dimiliki oleh sekolah.
- CGP berkolaborasi dengan murid kelas 4, 5, dan 6 untuk mendiskusikan hal baik apa yang dimiliki sekolah berdasarkan pemetaan 7 modal atau aset utama yang dimiliki sekolah.
Dokumen aksi nyata meliputiÂ
- NotulenÂ
- Foto  kegiatanÂ
- Hasil pemetaan aset
Kegiatan Diskusi dengan Warga Sekolah
Notula
FOTO-FOTO KEGIATAN
Hasil pemetaan
1. Modal Manusia: SD Negeri Parungjaya II memiliki aset 122 Siswa, seorang kepala sekolah, 7 orang guru dengan kualifikasi pendidikan seluruhnya  S1 (4 orang PNS, 2 orang ASN P3K, 1 orang tenaga honorer) dengan 62,5% sudah mendapatkan sertifikat sertifikasi pendidikan, 1 penjaga, komite, pengawas sekolah yang secara berkala melakukan supervisi.
2. Modal sosial: Kekeluargaan yang terjalin hangat antara sesama guru, guru dengan orang tua murid, dengan komite, guru dengan pegawai instansi lain, pengawas sekolah serta dengan masyarakat sekitar maupun dengan aparat pemerintah setempat.
3. Modal fisik: Memiliki gedung permanen terdiri dari 5 ruang kelas, 1 ruang guru, perpustakaan, mushola, WC guru dan murid, lapangan upacara, sumber air, jaringan internet, instalasi listrik, rumah dinas, alat dan media pembelajaran, wireles, alat kesenian, alat tulis kantor. Memiliki ruang kelas yang ditata sesuai dengan kesepakatan kelas masing-masing. Halaman yang luas untuk beraktifitas dengan leluasa. Mebelair yang memadai untuk sejumlah murid. Toilet yang tersedia walaupun belum memenuhi rasio 1 kelas 1 toilet.
4. Modal Politik: Â Hubungan dan komunikasi yang baik dengan lembaga lembaga di sekitar, seperti:.
- Pemerintahan desa terkait perijinan pemanfaatan fasilitas umum di desa.
- Pihak kepolisian yang berhubungan dengan masalah keamanan, kedisplinan, pendidikan anti narkoba, penyuluhan kewaspadaan terhadap isu penculikan, dll.
- PLN terkait jaringan listrik.
- PT Telkom terkait jaringan wifi.
5. Modal Lingkungan/ alam: Lingkungan yang sejuk, nyaman, aman, udara bersih, akses jalan mudah, terletak di ujung pemukiman sehingga leluasa beraktifitas, berada di kaki bukit,
6. Modal Agama dan Budaya:
- Memiliki kebiasaan yang agamis, berbusana muslim, berdoa sebelum dan sesudah belajar, memperingati hari besar Agama Islam.
- Siswa dan masyarakat sekitar menganut agama Islam yang taat.
- Siswa memanfaatkan waktu sore hari untuk belajar mengaji di TPQ atau di pesantren terdekat dengan guru ngaji oleh ustadz dan ustadzah setempat.
- Siswa dan masyarakat mengikuti peringatan PHBI yang diselenggarakan di sekolah ataupun di masyarakat.
7. Modal finansial: BOS, DAK, BANKEU, DAU, Baznas, PIP, infak.
KESIMPULAN
Dari hasi diskusi bersama Kepala Sekolah, rekan guru dan murid-murid, didapat kesimpulan sebagai berikut:
PEMETAAN ASET SD NEGERI PARUNGJAYA II MAJALENGKA
1. Modal manusia
- Kepala sekolah yang loyal, berdedikasi, semangat dan pengabdian yang tinggi untuk kemajuan sekolah, memberikan teladan bagi semua warga sekolah.
- Guru-guru yang berkualifikasi pendidikan S1 ditunjang dengan penguasaan IT yang memadai.
- Guru-guru melayani siswa dengan penuh tanggung jawab dan rasa kasih sayang.
- Memiliki 4 orang guru PNS semuanya sudah mendapatkan tunjangan setifikasi, 2 orang guru P3K, 1 orang guru tenaga honorer, 1 orang penjaga sekolah.
- Siswa-siswi bersemangat mengikuti pembelajaran, berpotensi dan penurut.
- Pengawas sekolah memberikan perhatian dan dukungan penuh terhaadap pelaksanaan program sekolah serta merekomendasikan pada guru-guru untuk mengikuti kegiatan yang dapat mengembangkan potensi yang dimiliki untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
- Wali murid, komite, tokoh dan warga masyarakat selalu terbuka siap mendukung ikut ambil bagian dalam pelaksanaan program sekolah.
2. Modal Sosial
- Terjalin kekeluargaan yang harmonis antara sesama warga sekolah.
- Guru memberikan pelayanan pada siswa dengan penuh kasih sayang dan tenggung jawab.
- Komite sekolah, wali murid, warga masyarakat dan aparat desa mendukung pelaksanaan program sekolah.
3. Modal fisik
- Memiliki gedung permanen dengan jumlah ruang kelas memenuhi sejumlah rombel kondisi baik dan sangat layak untuk dijadikan tempat berlangsungnya pembelajaran.
- Memiliki mebelair yang memadai untuk sejumlah murid.
- Memiliki alat peraga dan alat olahraga yang cukup.
- Memiliki proyektor, wireles, beberapa unti laptop, printer.
4. Modal Politik
- Kepala Sekolah yang bijaksana memberikan ruang dan waktu kepada guru-guru untuk berinteraksi dengan siswa.
- Kerjasama yang baik dengan berbagai lembaga seperti pemerintah desa, puskesmas, polsek, linmas, PLN, PT Telkom, BRI, BJB, dll.
5. Modal Lingkungan/ Alam
- Lingkungan sekolah yang luas dan tertata rapi sehingga sedap dipandang mata, nyaman dan aman digunakan untuk beraktivitas.
- Air dan udara bersih.
- Akses jalan yang mudah dijangkau.
- Terletak di ujung pemukiman sehingga leluasa untuk beraktivitas.
- Â
6. Modal Agama/ Budaya
- Warga SDN Parungjaya II 100% muslim, secara taat menjalankan syariat Islam.
- Sudah terbiasa menjalankan kebiasaan baik yaitu berdoa sebelum dan sesudah belajar, dilanjutkan membaca surat-surat pendek dari Al Qur'an.
- Mengisi waktu sore hari dengan belajar mengaji.
- Ikut serta memperingati Hari Besar Islam baik di sekolah maupun di masyarakat.
- Rela bergotong royong dalam menyelesaikan pekerjaan untuk kepentingan bersama.
- Saling menghormati satu sama lain.
7. Modal Finansial
- Untuk membiayai kegiatan sekolah didanai oleh BOS.
- Sebagian siswa ada yang mendapat BSM, PIP, PKH dari pemerintah.
- Terkadang ada donatur yang memberikan santunan untuk anak-anak yatim di sekolah kami.
IHAT MUSLIHAT
SD NEGERI PARUNGJAYA II KECAMATAN LEUWIMUNDING KABUPATEN MAJALENGKA JAWA BARAT
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI