Mohon tunggu...
Iftia Rahma
Iftia Rahma Mohon Tunggu... Lainnya - Iftiana Rahmaningtyas

Mahasiswa Jurusan Matematika di Universitas Negeri Malang.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Mahasiswa KKN Tulis Panduan Bisnis Online untuk Pelaku Usaha di Kelurahan Gayam Kota Kediri

26 Juni 2020   17:54 Diperbarui: 26 Juni 2020   19:42 227 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN Tulis Panduan Bisnis Online untuk Pelaku Usaha di Kelurahan Gayam Kota Kediri
Penyerahan Buku Panduan Bisnis Online kepada Lurah Gayam 

           Pandemi COVID-19 masih menjadi masalah bagi sebagian besar negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Akibat adanya pandemi COVID-19, banyak sektor di Indonesia yang terdampak. Salah satu sektor yang paling merasakan dampak akibat pandemi COVID-19 adalah sektor industri atau perdagangan. Tak hanya industri berskala besar, namun home industry, para pengrajin rumahan, dan beberapa UMKM turut serta merasakan dampak  pandemi COVID-19 ini berupa turunnya omset penjualan.

            Beberapa anggota Tim KKN Universitas Negeri Malang (UM) Kelurahan Gayam, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, yang beranggotakan Eprila Suci Rahayu (FEB), Brilian Tahnia Nur Zendrika (FEB), Mohammad Ashkab Fauzi (FIK), dan Indah Alfiani (FIS) lantas berinisiatif untuk membuat panduan bisnis online guna membantu pemulihan perekonomian para pelaku usaha di Kelurahan Gayam, Kota Kediri.

Tim penyusun buku panduan bisnis online
Tim penyusun buku panduan bisnis online

           Tujuan pembuatan panduan bisnis online yang dirancang oleh tim KKN Universitas Negeri Malang (UM) dibuat semenarik mungkin agar warga Kelurahan Gayam dapat memanfaatkan peluang bisnis tersebut pada masa pandemi COVID-19. Kondisi ini begitu memprihatinkan, banyaknya karyawan yang dirumahkan dan omset penjualan yang menurun membuat para pelaku usaha harus pintar memutar otak agar kegiatan usaha tetap berjalan serta dapat memenuhi hak para karyawannya. Dengan adanya buku panduan bisnis online ini, diharapkan dapat mengenalkan dunia bisnis online kepada para pelaku usaha UMKM di Kelurahan Gayam agar bisa mempromosikan dan menjual produk mereka di market place secara online.

          “Bisnis online salah satu cara tepat untuk masyarakat Kelurahan Gayam yang ingin tetap bisa berpenghasilan di kondisi saat ini”, ujar Eprila Suci Rahayu Jumat (26/06/2020). Keuntungan bisnis online bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Leboh lanjut, kita tidak tahu kapan kondisi ini akan berakhir sehingga diharapkan warga Kelurahan Gayam mempersiapkan “bekal” minimal sampai akhir tahun nanti. 

          Dengan adanya panduan bisnis online ini, diharapkan masyarakat Kelurahan Gayam  khususnya warga yang sudah memiliki bisnis online, UMKM, dan home industry dapat memperluas pemasaran mereka melalui platform jual beli online ataupun memanfaatkan media sosial yang mereka miliki untuk memasarkan barang dagangan mereka. Lebih jauh, warga yang belum memiliki usaha dapat memanfaatkan buku panduan online ini untuk memulai merancang usaha mereka.

Ditulis oleh : Eprila Suci Rahayu, Brilian Tahnia Nur Zendrika, Mohammad Ashkab Fauzi, Indah Alfiani

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan