Mohon tunggu...
Getrudis Nduang
Getrudis Nduang Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis

Serius tapi becanda tapi serius.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pulau Padar Labuan Bajo Terkini April 2024

16 April 2024   15:41 Diperbarui: 17 April 2024   17:41 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Pulau Padar Pos 1, kunjungan 2024. Sumber: Dokumen pribadi.

Deskripsi

Pulau Padar merupakan salah satu pulau di Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. Pulau Padar cukup terkenal  dengan puncaknya yang menjulang tinggi dan pemandangan yang indah. Pendakian yang menantang namun bermanfaat menuju ke puncak akan membawa para pengunjung ke pemandangan pulau-pulau disekitarnya yang menakjubkan, pantai yang masih asli, dan perairan biru. Warna-warna kontras dari lanskap yang menarik, termasuk perbukitan hijau zamrud menciptakan tontonan yang menawan. Pulau Padar adalah surga bagi para pendaki, fotografer, konten creator, dan mereka yang sedang mencari ketenangan batin.

Rute menuju Pulau Padar

Para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pulau Padar dapat memulai perjalanan dari Pelabuhan Labuan Bajo satu-satunya pintu keberangkatan yang ada saat ini. Penyebrangan menuju lokasi ini hanya bisa ditempuh oleh transportasi laut, diantaranya; kapal cepat (speed boat), kapal kayu (local wooden boat), dan atau phinisi apabilah ingin menginap di Kapal serta ingin mengunjungi pulau-pulau lain di Kawasan Taman Nasional Komodo. Waktu yang ditempuh apabilah menggunakan kapal cepat kurang lebih dua (2) jam sedangkan menggunakan kapal kayu sekitar empat (4) jam.  

Waktu ideal berkunjung ke Pulau Padar

Pulau Padar buka setiap hari pada pukul 05.00-17.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan waktu yang direkomendasikan untuk berkunjung adalah pada pagi hari pukul 05.00-11.00 sebab cuaca cukup bagus, cerah dan tidak terbakar teriknya matahari saat mendaki menuju puncak. Apabilah ingin mendapatkan hasil foto terbaik dengan pemandangan yang hijau, datanglah di musim angin barat yaitu pada bulan Oktober sampai Mei.

Tips berwisata ke Pulau Padar

Jika Pulau Padar termasuk dalam daftar destinasi wisata kunjungan liburan kamu, maka kamu perlu mengetahui beberapa hal penting. Berikut ini beberapa tips berwisata ke Pulau Padar.

  • Selalu menyiapkan uang tunai untuk memudahkan proses pembelian tiket, makan, dan kebutuhan mendadak lainya.
  • Berangkat trip pada pagi hari agar bisa menikmati momen terbaik saat matahari terbit
  • Pastikan membawa topi/payung, kacamata, agar terhindar dari teriknya matahari
  • Gunakan sunscreen agar kulit tidak terbakar
  • Pastikan selalu membawa tumbler
  • Gunakan sepatu yang nyaman untuk mendaki
  • Jangan membuang sampah sembarangan, sampah pribadi dibawah pulang ke Labuan Bajo dan buang pada tempatnya.
  • Tidak merokok selama berada di Kawasan Pulau Padar
  • Pastikan kondisi sehat Jasmani dan Rohani sebelum memutuskan trip ke Pulau Padar

Kesimpulan

Pulau Padar merupakan daya Tarik Wisata di Taman Nasional Komodo yang terkenal akan lanskap yang masih alami. Menuju destinasi wisata ini hanya bisa melakukan perjalanan dari pintu keberangkatan utama di Labuan Bajo dan waktu yang ideal untuk  berkunjung adalah pada pagi hari agar bisa menikmati moment terbaik saat matahari terbit. Apabilah kamu traveler sejati, jangan lewatkan Pulau Padar sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun