Mohon tunggu...
IduL Lestari
IduL Lestari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa UBT

Love yourself 😘

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Indahnya Keanekaragaman Bangsa Indonesia

23 September 2020   20:37 Diperbarui: 23 September 2020   20:39 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona


Asalamualaikum wr.wb .

Perkenalkan nama Saya idul lestari alumi SMAN 1 TANJUNG PALAS TENGAH .


Interaksi Saya terhadap teman yang berbeda suku bangsa adalah Saling menghargai dan tidak membeda-bedakan, Harus menghargai dan menghormati, Saya tidak pernah berteman melihat latar belakang dan suku atau agama yang berbeda. Saya berteman dengan siapa saja, meskipun berbeda suku bangsa atau bahkan agama. Menerima perbedaan, berbaur dan bertoleransi antar suku. Ini membuat Saya secara tidak langsung menghormati Tuhan Yang Maha Esa karena menyadari akan adanya perbedaan antar suku bahkan antar umat beragama di sekitar kita.

Bercerita tentang Sahabat, Saya memiliki 4 orang Sahabat yang peran mereka sangat penting bagi Saya, mereka selalu mengingatkan Saya, selalu support, Dan tidak pernah meninggalkan Saya disaat susah mau pun senang. Kalau ditanya soal karakter tentu Kita sangat berbeda, soal pemikiran atau pendapat Satu sama lain tidak pernah sepemikiran, tapi kami bisa menyatukan perbedaan itu Dan Saya sangat  beruntung memiliki mereka dalam kehidupan Saya .

Ya Saya sangat menyadari bahwa saya hidup dengan kehidupan multibudaya. Kehidupan itu tercermin di kelas saya pada saat SMA. Dimulai dari Perbedaan suku, perbedaan warna kulit, perbedaan fisik, perbedaan agama. Karna waktu SMA temam sekelas Saya kebanyakan suku jawa Tapi perbedaan itu tidak menjadi penghalang bagi kami dan justru saling menghormati satu sama lain.

Apakah anda setuju penggunaan bahasa daerah di sekolah? 

Bahasa persatuan kita adalah Bahasa Indonesia, maka sebaiknya kita gunakan pada saat di sekolah. Jika setuju dengan penggunaan bahasa daerah dalam komunikasi sehari hari maka akan menunjukan kurangnya rasa nasionalisme seseorang Dan ketika keseringan menggunakan bahasa daerah maka dia akan terbiasa menggunakannya ketimbang menggunakan bahasa Indonesia tetapi sebaliknya pula penggunaan bahasa daerah menunjukan bahwa seseorang mencintai jati dirinya dan komitmen melestarikan budaya leluhur.

Bagaimana pendapat anda tentang pembelajaran suku bangsa Indonesia dengan berbagai ragam aktivitasnya penting untuk di pelajari? 

 Bermanfaat sekali, selain untuk menambah wawasan ilmu, pembelajaran suku bangsa juga memberikan arti penting untuk Kita semua agar lebih mencintai lagi keberagaman bangsa Indonesia, Indonesia sangat kaya akan keberagaman kekayaan yang di wariskan turun temurun oleh leluhur dan kita harus menjaga keberagaman itu Dan selalu melestarikanya.

Bagaimana seharusnya kita berinteraksi dengan teman yang berbeda suku bangsa?
Saling menghormati, menghargai, tidak membedakan-bedakan Dan tetap berbaur.

Apakah Anda tertarik belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan materi berbasis multibudaya Indonesia?
Sangat tertarik belajar bahasa inggris menggunakan materi ini karna multibudaya  merupakan strategi pendidikan yang memanfaatkan keberagaman latar belakang kebudayaan, Multibudaya mencoba membantu menyatukan bangsa secara demokratis, multibudaya adalah pembelajaran yang didasari atas filosofi kebebasan, keadilan, kesederajatan, dan keseimbangan setiap hak-hak manusia, sekalipun setiap orang memiliki latar belakang budaya yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun