Mohon tunggu...
IDRIS APANDI
IDRIS APANDI Mohon Tunggu... Penulis - Penikmat bacaan dan tulisan

Pemelajar sepanjang hayat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mengenal Buku Panduan/Pedoman

23 Oktober 2020   23:25 Diperbarui: 3 Juni 2021   09:07 4553 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MENGENAL BUKU PANDUAN/PEDOMAN

Oleh: IDRIS APANDI

(Penulis Ratusan Artikel dan Puluhan Buku)

Salah satu bentuk buku yang dikenal dalam dunia perbukuan adalah buku panduan/pedoman. Buku jenis tersebut ada yang dibuat tanpa International Standard Book Number (ISBN) dan tidak dicetak oleh penerbit, dan ada pula yang diterbitkan oleh penerbit disertai dengan ISBN. 

Buku panduan/pedoman yang tidak memiliki ISBN dan tidak diterbitkan oleh penerbit biasanya buku panduan/pedoman yang diterbitkan oleh panitia kegiatan atau panitia lomba, dicetak terbatas hanya untuk kepentingan jangka pendek, tidak disebarkan secara luas, dan tidak untuk dijual.

Sedangkan buku panduan/pedoman yang diterbitkan oleh penerbit dan memiliki ISBN biasanya buku panduan yang spesifik membahas keilmuan atau bidang tertentu dan dijual secara bebas.

Baca juga: Datangi Dewan Pers, AJI Jakarta Sosialisasikan Buku Pedoman Perilaku Jurnalis

Buku panduan/pedoman (manual book) disusun oleh tim dari sebuah lembaga/instansi/organisasi, panitia penyelenggara sebuah kegiatan, perusahaan, atau seorang penulis yang menguasai bidang tertentu. Tujuan dari buku pedoman/panduan adalah untuk memandu pembacanya dalam mengikuti prosedur, mengelola, mengikuti, atau melaksanakan sebuah kegiatan atau pekerjaan tertentu.

Menurut Trim (2018: 34-35), buku panduan (manual book) berisikan sekumpulan informasi yang menjadi rujukan atau berupa instruksi-instruksi untuk melakukan sesuatu. Buku ini disusun dan diterbitkan jika memang suatu bidang atau pekerjaan memerlukan penjelasan-penjelasan untuk melakukan sesuatu.

Contoh buku panduan/pedoman misalnya buku panduan diklat/workshop, buku pedoman service sepeda motor, buku panduan ibadah haji, buku pedoman penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI), buku panduan/pedoman daur ulang sampah kertas, dan sebagainya.

Buku-buku panduan/pedoman yang sifatnya spesifik, seperti buku panduan bidang teknik, tentunya akan lebih mudah dipahami oleh pelajar, mahasiswa, atau orang-orang yang bekerja pada bidang teknik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan