Mohon tunggu...
Idris
Idris Mohon Tunggu... From leaner to teacher

keep struggle to be the winner

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Virus Corona Masuk ke Indonesia, Siapa yang Disalahkan?

6 Maret 2020   23:00 Diperbarui: 6 Maret 2020   23:24 203 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Virus Corona Masuk ke Indonesia, Siapa yang Disalahkan?
okezone.com

Tak terduga, Senin, 2 Maret 2020 merupakan awal masuknya virus corona ke Indonesia.

Pepatah bilang "Sedia payung sebelum hujan" artinya berjaga-jagalah sebelum bencana itu tiba atau waspadalah sebelum sesuatu itu terjadi.

Nah, harusnya pepatah inilah yang kita lakukan. Sebab, menurut perkembangan informasi yang ter-update telah diketahui bahwa virus corona sudah memapar ke 64 Negara di belahan dunia sebelum masuk ke Indonesia.

Namun, entah kenapa virus tersebut masuk ke Indonesia? Sedih saya katakan, kini Indonesia menjadi negara yang ke-65 yang positif terkena virus corona.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari beberapa media, Presiden Jokowi menceritakan secara singkat kronologis penularan masuknya virus corona ke Indonesia. Hal tersebut terjadi kerana adanya dua warga (Ibu dan Anak) Depok yang berinteraksi dengan warga negara Jepang yang positif sedang mengidap penyakit virus corona.

"Orang jepang ke Indonesia bertemu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena corona virus berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," singkat Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin (2/3/2020).

"Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," pungkasnya.

Mendengar peristiwa ini tentu membuat masyarakat Indonesia tegang dan khawatir akan kesehatannya yang saat ini mulai terancam oleh ganasnya virus corona. Meski beruntung nasib dua orang (Ibu dan Anak) Depok kemarin, dapat langsung diisolasi dan menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Masuknya virus corona ke Indonesia saat ini, terhitung dari hari Senin kemarin tentu merupakan nasib buruk masyarakat Indonesia yang tidak dapat dihindari lagi. Sekarang, tak ada jalan pilihan untuk pemerintah Indonesia selain menganjurkan masyarakatnya untuk melakukan pencegahan dengan cara-cara logis agar tidak berjatuhan korban-korban berikutnya. Serta tak lupa pula untuk terus memberikan kemudahan-kemudahan fasilitas kesehatan. Baik bagi masyarakat yang sudah terinfeksi mau pun yang tidak.

Jika kita lihat dari keramaian pemerintah Indonesia soal pembahasan virus corona. Sebelumnya Indonesia sangat bisa dipastikan bahwa Indonesia tidak akan termasuki oleh virus corona. Sebab,  hal lain pemerintah Indonesia telah melakukan beberapa upaya pencegahan. Salah satunya dengan melakukan penutupan penerbangan rute Indonesia ke China dan pemasangan scanner di tiap-tiap pintu masuk bandara yang melayani rute penerbangan Internasional.

Lantas, kenapa virus corona masih bisa masuk ke Indonesia? Sementara cara pencegahaan itu telah diupayakan oleh pemerintah. Hal ini tentu merupakan sebuah keheranan dan menimbulkan sebuah pertanyaan, "virus corona masuk ke Indonesia, siapa yang disalahkan"?

Apakah pemerintah yang harus disalahkan? ataukah masyarakat sendiri yang salah?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x