Mohon tunggu...
Referensi Wildan
Referensi Wildan Mohon Tunggu... Insinyur - Menulis untuk akal sehat

Sedang berlayar

Selanjutnya

Tutup

Politik

Hayya 'Alal Jihad Artinya Ajakan Jihad Mencari Ilmu

30 November 2020   22:26 Diperbarui: 30 November 2020   22:34 559
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya kaget, tiba-tiba di timeline saya muncul ajakan untuk jihad. Hayya alal jihad. Mari menuju jihad. Diselipkan diantara adzan. 

Keren juga idenya. Sebagai pedagang saya kagum sekaligus terinspirasi. Adzan ternyata memiliki potensi untuk dikomersialisasi. 

Bagaimana jika kita selipi iklan produk? Misalkan minyak goreng cap naga. Minyak goreng cap nagaa ~ (dilagukan ala Mishari Al Afasi). Ups, apa saya sudah melakukan penistaan?


Saya kemudian coba cari-cari, oh ternyata seruan adzan bid'ah munkarah itu dilakukan di ponpes seorang pemuda tanggung yang lagi dipenjara. Saya tepok jidat. Walah dia lagi.


Mau marah kalah massa. Mau sabar kok bikin rugi. Jadi saya memilih untuk husnudzon saja.
Mungkin yang dimaksud oleh mereka itu adalah jihad untuk mencari ilmu.


Mencari ilmu kok jihad? Jangan salah, mencari ilmu itu jihad yang utama.

Siapa orangnya yang keluar mencari ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia kembali.


Hadist ini adalah hadist berderajat hasan yang diriwayatkan oleh Imam Attirmidzi. 

Saking utamanya mencari ilmu, Ibnul Qayyim mengatakan bahwa jihad orang yang berilmu itu lebih utama daripada jihadnya orang yang berperang dengan menggunakan senjata.


Pendapat ini masuk akal karena Jihad dengan ilmiu akan bertahan selamanya, sedangkan jihad dengan senjata hanya bermanfaat disaat perang saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun