Mohon tunggu...
Faridah Az Zahro
Faridah Az Zahro Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Administrasi Publik 2018, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Diponegoro

KKN TIM II UNDIP TAHUN 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Corona Mengganas, Mahasiswi KKN Undip Adakan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19

4 Agustus 2021   17:20 Diperbarui: 4 Agustus 2021   18:33 88 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Corona Mengganas, Mahasiswi KKN Undip Adakan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19
Poster Pencegahan Penyebaran Covid-19 (dokpri)

Karanganyar (04/08/2021). Sampai saat ini, pandemi covid-19 di Indonesia belum juga mereda. Bahkan, angka kasus covid-19 mengalami kenaikan setiap harinya. Berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Perkembangan Covid-19 di Indonesia per 1 Agustus 2021: Positif sebanyak 3.440.396, Sembuh sebanyak 2.809.538 dan Meninggal sebanyak 95.732 (Kemenkes RI, 2021). Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan tingginya angka covid-19 yaitu dengan mencegah penyebarannya.

Salah satu peserta KKN Tim II UNDIP Tahun 2021, Faridah Az Zahro mengadakan program kegiatan KKN berupa sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 kepada warga masyarakat Dusun Kleben RT 01 RW 08, Desa Gedongan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Sosialisasi dilakukan secara online melalui whatsapp grup pada Selasa (27/07/2021) dengan memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah pencegahan penyebaran covid-19 dan membagikan poster.

Sebelum program kegiatan sosialisasi dilakukan, pada hari Rabu (26/07/2021) telah diadakan penempelan poster tentang pencegahan penyebaran covid-19 pada tempat-tempat strategis di Desa Gedongan seperti papan pengumuman, pos kamling dan sekolah dasar. Tujuan dari penempelan poster adalah supaya warga masyarakat memperoleh informasi dan pemahaman tentang langkah-langkah pencegahan penyebaran covid-19 serta menerapkannya dalam aktivitas sehari-hari. Selain penempelan poster dan sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19, juga diadakan pembagian brosur dan masker kepada beberapa warga masyarakat di Desa Gedongan.

Penempelan Poster Pencegahan Penyebaran Covid-19 (dokpri) 
Penempelan Poster Pencegahan Penyebaran Covid-19 (dokpri) 

Sosialisasi mengenai pencegahan penyebaran covid-19 dilakukan mengingat angka kasus covid-19 yang meningkat setiap harinya. Di Desa Gedongan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar sendiri banyak keluarga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman). Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan warga masyarakat terutama di Dusun Kleben RT 01 RW 08, Desa Gedongan mampu memahami dan menerapkan langkah-langkah pencegahan penyebaran covid-19. Sehingga membantu menurunkan tingginya angka covid-19 di Indonesia.

Dalam keberjalanannya, program kegiatan KKN berupa sosialisasi pencegahan penyebaran covid-19 mendapatkan dukungan yang positif dari perangkat desa setempat. Selain itu, warga masyarakat juga menerima dengan baik kegiatan sosialisasi yang dilakukan. Meskipun diadakan secara online melalui whatsapp grup, karena adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diharapkan tidak mengurangi semangat dari warga masyarakat Dusun Kleben RT 01 RW 08, Desa Gedongan.

Penulis : Faridah Az Zahro (Departemen Administrasi Publik 2018, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik)

DPL    : Aghus Sofwan, S.T., M.T., Ph.D.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN