Kkyocha
Kkyocha Mohon Tunggu... Akuntan - Be my self

Hidup adalah pilihan, Hidup adalah Perjalanan, Hidup adalah Perjuangan. Nikmatilah dan syukuri setiap detiknya karena pada hakikatnya setiap manusia yang hidup layak untuk Berbahagia.

Rumah Betang Panjang Saham Kalimantan Barat

28 Januari 2016   10:45 Diperbarui: 28 Januari 2016   11:08 109

Merasakan suasana pagi pertama kali di pulau kalimantan..asiikk agak sedikit norak gak kenapa2 lah ya! Hehehe jujur aja pagi ini masih ngantuk gitu, tidur nyenyak dengan suasana resort yang nyaman banget bikin gak bisa move on dari tempat tidur tapi apa boleh buat kita harus bergegas mandi, sarapan, dan melanjutkan perjalanan. Karena gue dapet giliran ke 2 pagi ini untuk mandi jadi gue bangun pukul 05.30 set di alarm, waktu membuka mata yang sepertinya ada gaya tarik magnet dikasur yang buat gue mager alias males gerak untuk segera mandi hehehe. Waktu mandi gue tiba, gue harus buru2 agar temen satu kamar gue yang kebagian cloter terakhir bisa selesai mandi tepat waktu saat berkumpul untuk sarapan pukul 07.00. Selesailah kita semua mandi dan bergegas untuk santap makanan bersama tim dan crew lainnya. Setelah lahap menyantap sarapan pagi hari ini, kita kembali ke kamar untuk packing melanjutkan perjalanan. Tiba waktunya kita memasuki barang2 ke mobil risers masing2 namun sebelum menempuh jarak yang lumayan jauh hari ini, kita bersama melakukan pemanasan sebelum mengendarai agar otot2 tidak tegang, beberapa menit kemudian selesai pemanasan RC ( Road Captain ) mulai mengabsen kesiapan para risers untuk berkendara setelah semua siap untuk melaju kita berdoa...bismillah semoga selamat samapai tujuan..amin! Perjalanan dimulai.

Para risers melaju dengan sangat baik mencoba kecepatan mobil Datsun Go dilintasan yang berliku, menanjak, dan yang jalan rusak pun banyak dijumpai. Namun kelincahan Datsun Go ini bisa melewati lintasan atau medan seperti apapun dengan lincah dan bandel, wusshhh...para risers melaju dengan cepat! Dengan teriknya matahari tidak menurunkan semangat para risers karena meskipun cuaca diluar mobil terik namun tidak berpengaruh didalam mobil tetap sejuk...adem terus hehehe, itulah salah satu kelebihan Mobil Datsun Go. Melihat pemandangan kiri kanan terdapat hamparan sawah yang indah, tepat didepan pandangan kita pun terdapat bukit yang hijau dari kejauhan dan yang paling gue suka itu melihat awan dan langitnya yang subhanallah...sangat indah! Ini asli gak pake bohong entah apa bedanya langit jakarta dan kalimantan yang pasti gue suka banget awan dan langit kalimantan it's beautiful. Ditengah perjalanan kita berhenti istirahat diwarung yang berada didaerah gunung sehaq. Setelah kurang lebih istirahat satu jam minum, ngemil, makan, ngopi atau sekedar berbincang2 saja kita semua akan melanjutkan perjalanan menuju Rumah Betang Panjang Saham dan akan mengadakan acara CSR bersama anak2 didaerah saham tersebut.

Para risers mulai melaju, jarak rumah betang panjang saham dari gunung sehaq dapat ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan. Tim gue pun udah bertukar driver untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya, disepanjang perjalanan ada hal2 yang unik dari masyarakat daerah saham ini, salah satunya diperjalanan gue melihat hewan babi yang dipelihara masyarakat sekitar dan disini hewan babi tersebut seperti layaknya seekor kucing saja, lalu lalang dan berkeliaran di beberapa permukiman masyarakat setempat. Dan gue juga melihat ada pemakaman yang dibuat dari rangkaian kayu atapnya menggunakan seng, menurut gue itu unik sih dan gue baru lihat atau jumpai hal tersebut diperjalanan gue kali ini dipulau kalimantan. Gue juga baru tau kalau dikalimantan itu banyak yang menggunakan bahasa melayu...alah norak banget ya gue! Hehehe, lanjut keperjalanan yang berkelok2 dan akhirnya Rumah Betang Panjang Saham pun terlihat, kita pun sampai pada tempat tujuan. Sesampainya di Rumah Betang Panjang Saham kita disambut antusias oleh anak2 dan warga yang tinggal dirumah Betang Panjang tersebut. Mereka melambaikan tangan dadah2 sama kita semua, huh...berasa artis ya! Hehe terbayar deh rasa cape dan lelahnya dengan melihat antusias mereka, keramahan mereka, yang terpenting senyuman dari mereka semua. Indonesia itu indah, Indonesia itu ramah gue percaya slogan itu karena Indonesia memang orang teramah dimata dunia.

Dirumah Betang Panjang juga datang bapak sekdes yang terhormat, acara segera CSR segera dimulai kita mulai memasuki Rumah Betang tersebut anak2 duduk dengan rapih sambil kita mengambil gambar mereka untuk berfoto. Acara CSR yang dipandu oleh kak dayu sedang berlangsung pertama ada kata sambutan dari Pak Sekdes menanggapi kedatangan tim Datsun Risers Expedition Etape 3 ini, lalu dilanjutkan kata sambutan perwakilan dari Datsun sendiri, diikuti dengan penyerahan sumbangan secara simbolis untuk warga Dirumah Betang panjang kepada Pak Sekdes.

Acara semakin meriah, karena ada permainan sulap dan berjoget bersama untuk anak2 daerah saham. Tiba saatnya para risers untuk memberikan edukasi kepada anak2 didaerah saham ini dengan membagi anak2 menjadi 5 kelompok dengan satu kelompok beranggotakan 6 orang, masing2 risers harus memberikan inspirasi dan edukasi yang posotif untuk anak2 daerah saham.

Gue dari riser 4 mendapat satu kelompok anak saham yang bernama Babe, Ria, Monik, Bara, Desi, dan Natasia. Disini gue mengajak mereka bermain abc ada 5 dasar dan ternyata mereka belum tau permainan tersebut sekalian gue bersama tim gue mengajarkan mereka bermain, lalu kita juga bermain tebak peraga yang dimana ada yang meragakan dan yang lainnya akan menebak peragaan tersebut so pasti yang cepat menebak dengan benar mendapat hadiah dong.

Belum habis permainan niatnya gue dan tim mau mengajarkan mereka seni lipat dari origami dengan membuat perahu atau kapal zet, tanpa diduga2 ternyata perahu dan kapal yang dibuat mereka lebih bagus dan beda tampilannya dengan yang gue dan tim buat, gue langsung aja ketawa dan malah minta ajarin membuat perahu seperti mereka hahaha...memalukan sih, tapi gpp sama2 belajarlah ya! Selesai main origami, gue menginstruksikan mereka menulis nama, kelas, cita2 dan keinginan mereka untuk mengejar cita2 setelah itu memberi semangat kepada mereka agar terus berprestasi, berkreasi dan terus menggantungkan impian setinggi-tingginya jangan pernah takut untuk bermimpi. Cita2 mereka ada yang ingin menjadi pemain bola dengan keinginan disediakan lapangan bola, ada yang ingin jadi guru dengan keinginan disediakan papan tulis.

Dari sedikit tulisan yang mereka gambarkan terhadap cita2 dan harapannya untuk menunjang cita2 mereka semua, semoga negeri kita negeri Indonesia yang sangat melimpah dengan kekayaan alam semoga seluruh rakyat Indonesia sejahtera dan makmur, berharap agar pemerintah pusat memperhatikan generasi penerus bangsa dengan cara meratakan kemakmuran sistem ekonomi agar dapat dirasakan seluruh rakyat Indonesia dan generasi penerus bangsa. Beberapa saat setelah kita bermain bersama, saling belajar, dan saling menginspirasi kini waktunya untuk kita makan siang bersama. Setelah melahap lauk makan siang dan mengisi perut penuh2 kita berfoto mengabadikan moment bersama anak2 dan warga Rumah Betang Panjang.

Acara CSR selesai, waktunya gue jadi driver dan cobain kelincahan Datsun Go dilintasan yang menantang banget deh, wuushhh...mobil para risers melanju dan semakin menambah kecepatan! Tarikannya mantap gas terus. Ngerasa balapan disirkuit sayangnya ga boleh saling menyalip jadi tetap dalam barisan dan jaga jarak aman kendaraan. Setelah menempuh jarak kurang lebih 45 menit akhirnya kita sampai dihotel hong long, sesampainya dihotel ternyata ada games kekompakan bongkar pasang ban mobil. Jadi gue dan tim bekerja sama untuk membongkar ban mobil kemudian dibawa berputas kesisi2 mobil dan dipasangkan kembali, tim gue riser 4 memiliki catatan waktu 7 menit 20 detik. Maklum tim pertama yang maju jadi nervous hehehe!

Dan yang memenangkan games ini adalah tim riser 3, mereka semua udah gak diraguin lagi memiliki catatan waktu 2 menit lebih sedikit. Secara mereka adalah karyawan pembuatan Datsun di pabriknya, sudah mainan sehari2 bongkar pasang mobil seperti mainan mobil tamiya saja sekejap mata sudah jadi terpasang, hebat...hebat! Hehehe selesai games kita semua masuk kamar hotel untuk istirahat dan mandi berkumpul kembali jam 19.00 untuk makan malam.

Makan malam tiba, gue pun gak sabar untuk makan malam karena energi terkuras mungkin jadi agak sedikit laper. Ternayata kita makan diluar hotel disebuah warung makan, para risers dan crew saling bertukar cerita dan makan bersama, makan malem ini ajiibb...banget selain kita makan bersama lauknya pun rasanya mantap. Selesai makan, kita semua kembali ke hotel untuk istirahat gak lupa untuk menuliskan aktifitas kita hari ini, mencari posisi yang pas untuk mendapatkan inspirasi membuat sebuah tulisan. Ada yang sambil terlentang, dikursi, ada yang duduk dikasur semua posisi nyaman dicoba demi mendapatkan sebuah tulisan yang bisa dibagikan. Gak terasa ternyata sudah memasuki dini hari waktunya untuk istirahat untuk perjalan panjang besok menuju entikong yeyy....semangat!