Mohon tunggu...
Icha Indah Safitri
Icha Indah Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Icha

Unissula FBIK Prodi Sastra Inggris

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Utang Meningkat di Masa Pandemi

18 September 2021   22:10 Diperbarui: 18 September 2021   22:44 43 2 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Utang Meningkat di Masa Pandemi
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapat dampak yang luar biasa pada perekonomian dimasa Pandemi Covid-19 ini. Yang membuat pemerintah berusaha keras melakukan pemulihan ekonomi untuk menghadapi tantangan akibat pandemi.

 Pada tahun 2020 pemerintah membuat program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk kesehatan terealisasikan Rp.62 triliun untuk  memberikan insentif bagi tenaga medis dalam penanganan pasien Covid-19.

Dalam hal ini juga pemerintah sudah mengeluarkan nominal yang cukup besar yaitu sebesar Rp.216 triliun untuk perlindungan sosial. sehingga pada tahun 2020 Indonesia diperkirakan akan jatuh miskin apabila tidak mendapatkan bantuan dari program bantuan sosial sebesar 8,5 juta. Tercatat pada tahun 2020 hutang pemerintah mencapai Rp.6.079,2 triliun.

Ditahun 2021 pemerintah kembali melanjutkan program PEN dengan dana naik sebesar Rp.699 triliun di banding tahun 2020. Mengingat sebagian besar tambahan belanja di biayai oleh pemrintah, itu menimbulkan perhatian terhadap resiko pembiayaan.

Sehingga pada tahun 2021 ini pemerintah memiliki hutang sebesar Rp.1006,4 triliun yang menggerakkan rasio hutang pemerintah sedkit diatas 40%. Peningkatan hutang pemeritah dimasa pandemi ini menuai banyak perdebatan. Oleh karena itu ,pemerintah perlu berhati-hati  dalam mengelola pembiayaan di masa Pandemi ini.

Nama                         : Icha Indah Safitri

Prodi                          : Sastra Inggris (L1)

Dosen Pengampu :  Dr. Ira Alia Maerani, S.H.,M.H.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan