Mohon tunggu...
Ibrahim Hisyam
Ibrahim Hisyam Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kuliah Kerja Nyata Universitas Pendidikan Indonesia dalam Pembelajaran Daring

1 Januari 2021   15:00 Diperbarui: 1 Januari 2021   16:55 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penyebaran virus corona yang dinyatakan sebagai pandemi pada awal tahun 2020 mengakibatkan terhentinya kegiatan sehari - hari masyarakat, berlanjut dengan tidak dapatnya masyarakat menjalankan aktivitasnya dengan normal dikarenakan kebijakan pemerintah terkait Pembatasan Sosial Skala Besar. 

Begitu pula pada bidang pendidikan pemerintah pada mulanya menetapkan kegiatan pembelajaran sekolah dihentikan untuk sementara waktu, akan tetapi keadaan yang tidak kunjung membaik membuat pemerintah memutuskan kegiatan pembelajaran nasional untuk dilaksanakan secara daring. Keputusan pemerintah atas pembelajaran daring berlaku untuk seluruh jenjang mulai dari Taman Kanak-kanak, hingga Perguruan Tinggi.

Pembelajaran secara daring terpaksa dilakukan secepat mungkin, ketidaksiapan tenaga pengajar dan murid karena perubahan besar yang mendadak memunculkan berbagai permasalahan pada prosesi pembelajaran, selama melaksanakan kegiatan program tersebut ditemui berbagai permasalahan, siswa kerap mengeluh mengenai berbagai aspek seperti pada sarana pembelajaran, seperti tidak memiliki perangkat yang mendukung, keterbatasan sinyal, hingga keluhan kuota. Selain itu.

Kegiatan pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan berbagai layanan komunikasi video berbasis internet yang telah ada seperti Google Meet dan zoom. Tidak terbatas pada aplikasi komunikasi video, berbagai aplikasi juga digunakan sebagai penunjang pembelajaran untuk mempermudah dan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efisien. Guru dan murid dipaksa untuk terbiasa dengan metode pembelajaran yang baru. 

Efektivitas dari metode pembelajaran secara daring akan berbeda, tergantung dari kemampuan siswa. Pada pelaksanaannya tidak semua siswa memiliki perangkat keras yang mendukung dan mampu menggunakan media pembelajaran. Tidak sedikit juga guru yang kurang menguasai dalam penggunaan teknologi sehingga siswa merasa tidak dapat mengikuti materi yang diberikan oleh gurunya.

Pembelajaran secara daring terus didukung oleh pemerintah. Pengembangan metode pembelajaran juga terus dikembangkan untuk mencari metode yang lebih efisien. Pada pembelajaran daring, guru memiliki keterbatasan untuk mengawasi siswa, sehingga orang tua memiliki peran sebagai pengawas dan pendamping anak dalam pembelajaran daring. 

Efektivitas pembelajaran daring dapat ditingkatkan dengan kerja sama antara ketiga pihak yaitu, guru, siswa, dan juga wali siswa, ketiga elemen ini apabila menjalankan perannya secara benar maka pembelajaran dapat menjadi lebih efisien. Tenaga pengajar juga sudah semestinya untuk terus mengembangkan metode pengajarannya agar siswa lebih memiliki semangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring.

Dengan bermunculannya permasalahan di atas, Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) secara daring dengan berbagai sub program, namun program utama dari KKN-T ini yaitu program pencegahan dan penanggalan dampak covid-19 di bidang pendidikan seperti penguatan pembelajaran daring pada semua mata pelajaran dan tingkat pendidikan, membantu administrasi sekolah, pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran, dan banyak lagi.

Dalam program penguatan pembelajaran daring, mahasiswa membantu dalam mendesain, membuat, melengkapi serta menggunakan media pembelajaran daring. Kegiatan yang dilaksanakan pada program ini yaitu membantu guru dalam menyiapkan media pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran dengan siswa agar lebih interaktif sehingga membuat siswa tidak jenuh dengan kegiatan pembelajaran yang berlangsung. 

Penulis memanfaatkan Microsoft Sway untuk menciptakan suasana baru dalam memberikan materi secara menulis, selain menempatkan materi tertulis, pada aplikasi ini memungkinkan untuk menempatkan link video yang berhubungan dengan materi pembelajaran untuk memberikan siswa kebebasan dalam belajar. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan untuk melampirkan kuis untuk membantu guru menilai tingkat pemahaman siswa terhadap materi ajar.

Dengan diadakannya program pencegahan dan penanggalan dampak covid-19 di bidang pendidikan ini pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) oleh Universitas Pendidikan Indonesia ini mahasiswa membantu dan meringankan tugas guru dalam pelaksanaan pembelajaran, dan diharapkan dengan ikut sertanya mahasiswa dalam membantu tenaga pengajar, permasalahan dapat diselesaikan dan ditemukan jalan keluar terbaik.

Ref: Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19). 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun