Bola Pilihan

Mengapa Nonton Piala Dunia Bola 2018?

14 Juni 2018   17:53 Diperbarui: 14 Juni 2018   18:01 508 1 0
Mengapa Nonton Piala Dunia Bola 2018?
Nonton Langsung Bola, Sumber : pixabay.com

Pertanyaan itu biasanya disampaikan kaum awam yang mempertanyakan banyak pihak menjadi demam nonton piala dunia, kali ini Piala Dunia 2018 di Rusia. Beberapa alasan atas jawaban tersebut adalah murni penulis, namun inilah yang sering jadi jawabannya. Jangan dianggap serius ya, santai aja.

1. Alasan Bisa Pergi dari Rumah Kumpul Bersama Rekan-rekan

Kumpul bersama rekan-rekan adalah kegiatan komunitas yang sudah menjadi bagian dari masyarakat di Indonesia. Mulai dari Sabang sampai Merauke, Miangas sampai Pulau Rote, berkumpul adalah ritual komunitas dengan segala macam latar belakangnya. Ada kumpul keluarga, alumni sekolah atau universitas, alumni rekan kerja, komunitas hobi, komunitas bola dan lain sebagainya.

Selain suatu komunitas atau peer group (kelompok kecil) sudah ada tema atau topik tertentu, Piala Dunia 2018 merupakan topik yang bisa dijadikan alasan untuk berkumpul. 

2. Alasan dapat Uang Saku untuk Nongkrong, kelebihannya bisa dibuat untuk hal lain.

Untuk rekan-rekan yang masih sekolah atau masih mendapatkan subsidi dari orang tuanya, subsidi setiap kegiatannya tentu perlu ada alasan. Nah ruang untuk Nongkrong ini tentunya membutuhkan biaya setidaknya biaya ongkos dan iuran tempat nongkrongnya. Biasanya nongkrong nonton Bola di rumah teman atau Cafe atau ruang yang menyediakan NoBar (Nonton Bareng).

Orang Tua tentunya tidak mau kuatir pujaannya dan ingin bahagia dengan datang ke Nobar, dengan senang hati orang tua memberikan ongos yang mencukupi jika perlu lebih. Nah buat rekan-rekan tentunya ini kesempatan untuk bisa Nobar selain itu meski seedikit ada uang kelebihan sedikit untuk cadangan sewaktu-waktu keperluan lain. Ya ngga ?

3. Kumpul Keluarga dan bisa Antar Rekan tersedia Minuman dan Snack

Beberapa keluarga, Piala Dunia merupakan ruang untuk berkumpul bersama. Baik antar kelaurga atau antar rekan keluaraga tersebut bisa dengan perpanjian berkumpul bersama, ngobrol sana sini sambil nonton Bola. Saat inilah keakraban dan kedekatan saling dijalin lebih erat.

Saat berkumpul inilah jangan nonton bola tanpa Kacang Garuda selain disediakan minuman berarna seperti sirup, teh dan kopi. Waduh kalau sudah berkumpul nikmatnya terasa ya.

4. Trending Topics, Tak Mau Ketinggalan Berita Bola terkini meski tidak paham

Saat ini kata yang sering dicari adalah Trending Topics. Di berbagai media, Trending Topics yang bertengger cukup lama adalah sumber bahan pembicaraan terkini sesama rekan dan keluarga. Piala Dunia 2018 dalam 1 bulan akan menjadi Trending Topics baik Nasional (Indonesia) dan Global (Wordwide).

Ketinggalan berita Bola khususnya Piala Dunia 2018 dianggap ketinggalan berita terkini, meski banyak pihak tidak paham. Pada saat ini, pihak yang tidak paham bola akan mencari tahu apapun sekitar bola tersebut agar dianggap tidak ketinggalan berita. 

Pihak yang paham atau mengerti tentu akan senyum-senyum sendiri mendengar komentar yang tidak paham mengomentari apapun tentang bola. 

Namun berdasarkan pengamatan penulis, pihak yang paham atau mengerti justru senang meski pihak yang tidak paham mengomentari yang bikin tersenyum namun justru itu menambah trending topics dari Piala Dunia 2018. Tak ada nada mengejek atau membenci bahkan jadi instrospeksi diri untuk mencari informasi lebih dalam agar bisa mengomentari lebih berbobot.

Nonton Bola Tidak Mau Ketinggalan, Sumber : pixabay.com
Nonton Bola Tidak Mau Ketinggalan, Sumber : pixabay.com

5. Buat Wanita bisa Menambah Bahan Pembicaraan dengan Kalangan Pria

Lucu memang pada saat musim Piala Dunia saat ini, pacar pria adalah bola, wanitanya jadi pacar ke-2, demikian juga istri pertama pria adalah bola, dan istrinya jadi istri ke-2. Biasanya wanita yang paham selama 1 bulan ini di nomor duakan. Bukan suatu kesalahan tapi fenomena yang banyak terjadi di Indonesia, mungkin di luar negeri juga.

Sungguh Bola jadi wabah mendunia, bahkan pada saat ini perbedaan, kebencian, atau permusuhan bisa cair jika sama-sama konsentrasi bola atau mehami dan berkomunikasi dari bola.

Nah buat wanita untuk dapat perhatian sang pacar atau suaminya, atau anggota keluarga yang pria, berusaha mencari tahu tentang Bola, bahkan mungkin lebih detail bahkan lebih jago dari pria agar bisa masuk dalam bahan pembicaraan kalangan pria setidaknya 1 bulan ini. Jika tidak selama 1 bulan akan adas egreasi kelompok pria dengan bola dan wanita dengan non bola. Paling tidak hiburan buat wanita melihat pemain bola mana saja yang ganteng. Fenomena yang lucu ya.

6. Bisa Selfie bersama Rekan atau Keluarga mengisi Sosial Media, Tak Ketinggalan Kekinian Nonton Bola

Media Sosial memberikan dampak yang aneh yaitu mulai mewabah selfie atau groufie (group selfie). Bahkan di acara entertainment atau ceremony peresmian atau peluncuran peroduk tertentu disertai groufie.

Pihak rekan atau teman yang saling memantau melalui media sosial dengan adanya selfie atau groufie tentunya akan memberikan like atau apresiasi atau bahkan komunikasi lebih lanjut. Apapun juga selfie dan groufie saat Noabr Piala Dunia 2018 bikin hati bahagia kan ?

Cake Bola Sumber : pixabay.com
Cake Bola Sumber : pixabay.com

7. Bahan untuk Jualan Produk tertentu Bernuansa Piala Dunia 2018

Pengusaha yang jeli Piala Dunia 2018 adalah momen penting untuk menjadikannya dikemas dengan produknya bernuansa Piala Dunia 2018. Baik produk tas, kaos, sepatu, makanan, minuman, warung Nobar, atau produk lainnya bisa menjadikan jadi lebih menarik. Fenomena ini 4 tahun sekali dengan tuan rumah yang bergantian.

Piala Dunia 2018 di Rusia tidak akan terualang mungkin dalam hidup kita, jadi momen yang langka ini untuk olahraga yang diminati hampir 1/2 pasang mata  manusia di bumi tentu jadi bahan pertimbahan untuk kemasan dibuat tertentu.

Pengusaha yang jeli akan meriset dan mencari tahu agar produknya laku, tontonan tersebut menjadi bahan untuk jualan produk tertentu.

8. Makin Memahami Dunia Bola atau Dunia Lelaki

Dunia Bola dianggap adalah dunia lelaki, emski ada bola wanita namun penonton Bola didominasi lelaki. Ada bahkan anggapan hampir semua lelaki setidaknya tahu sedikit tentang bola perihal suka atau tidak suka adalah hal lain.

Nonton Bola selain dianggap memahami dunia lelaki, untuk lelaki bersangkutan menjadi daya penasaran untuk memahami BOla lebih lanjut. Fenomena inilah yang dianggap menajdi fenomena khusus peradaban manusia saat ini setidaknya mulai 1900-2018 ini. 

9. Nonton Bola sebagai Hiburan dan Wadah untuk Berkumpul dengan Rekan atau Keluarga

Sehubunga hal tersebut di atas, akhirnya suka tidak suka atau mau tidak mau Nonton Bola jadi Hiburan dan Wadah berkumpul dengan Rekan atau Keluarga. Momen khusus dan jarang ini jadi ruang untuk media saling mengakrabkan dan komunikasi.

10. Segala Dimensi di Bola sebenarnya Pencerminan Kehidupan Kita

Saya awalnya tidak suka, tidak paham dan tidak mengerti Bola. Namun dengan berjalannya waktu dengan mengikuti perkembangan bola dari waktu ke waktu jadi mulai menyuka, sedikit paham dan sedikit mengerti adanya fenomena Bola.

Bola ada pencerminan tentang kehidupan. Sering dalam tema kita sebut golnya apa ? Ini berkaitan dengan istialah bola.  Dalam bola ada tentang pendidikan, sinergi dalam team, perlunya pelatih, perlunya semangat team, perlunya latihan dan pembagian peran yang pas. Selain itu dalam pertandingan bola ada kalah dan menang, perlu disikapi dengan matang. 

Anda yang pernah nonton bola tentu paham, yang belum coba liat bola dan pencerminan dalam kehidupan Anda, tentunya ada hikmahnya.

Anak-nak main Bola, sumber : pixabay
Anak-nak main Bola, sumber : pixabay

Sebagai penutup, meski kita di Indonesia banyak yang suka bola dan pintar berkomentar tentang  Bola, namun ada keprihatinan. Anda semua aham bahwa sebagai Bangsa Indonesia sejak merdeka 1945, beum pernah Team Garuda yang membawa nama Indonesia dan bendera merah putih masuk ke putaran final Piala Dunia.

Semoga dengan semangat kita semua suatu waktu dalam waktu yang tidak lama lagi 4, 8 atau 12 tahun lagi Indonesia bisa berperan serta di Putaran Final  Piala Dunia 2022, 2026 atau 2030. Semoga.

Salam, selamat menikmati tontonan Piala Dunia 2018. Salam Penggemar Bola.