Mohon tunggu...
Tiberna Lase
Tiberna Lase Mohon Tunggu... Editor - PT GUNTUR MANDALA SAKTI(admin finance)

hobi saya berbisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cara Memanajemen Keuangan

6 Agustus 2022   11:28 Diperbarui: 6 Agustus 2022   11:30 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

LANGKAH AWAL MENUJU SUKSES

Hiiiii sahabat terkasih

siapa disini yang belum  bisa Mengatur keuangan dengan baik?Apa lagi kita sebagai anak kuliah,perkenalkan saya Tiberna lase Mahasiswa Universitas Pamulang Angkatan 2020 berikut saya akan membagikan tips bagaimana memanajementkan keuangan bagi pemula/seorang mahasiswa.

Saya seorang mahasiswa yang kuliah sambal kerja,Yang dimana saya jauh dari keluarga dan kondisi keluarga tidak mampu membiaya kehidupan saya di perantauan yang mengharuskan saya kuliah sembari bekerja,tujuan awal saya merantau yaitu 'KULIAH' dan mungkin untuk saya yang masih umur 20an tidak tertutup kemungkinan untuk bekerja.

Awal saya bekerja saya sana senang karna saya bisa membiayai hidup saya dengan hasil sendiri,hari demi hari bulan demi bulan penghasilan saya tidak terlihat karna kenapa?karna saya tidak  bisa mengatur keuangan dengan baik,saya yang tadinya senang karna bisa menghasilka uang sendiri malah galau karna setiap gajian tidak tau kemana dan habis dalam sekejap.

Setelah melewati masa galau saya karna gaji saya tidak terarah,saya mulai menaur memanajemenkan keuangan saya sendiri yang dimana diantaranya;

  • 50% digunakan untuk kebutuhan seperti biaya kos, uang makan sehari sehari,dan ongkos biaya kekampus
  • 30% digunakan untuk  berinvestasi dimana contohnya menabung,bank,celengan atau pun saham.
  • 20% digunakan untuk foya foya atau keinginan saya,seperti nongkrong bareng teman ,biaya skincare dan lain lain.

Nah dengan pembagian diatas saya menganalisa Kembali kebelakang,ternyata saya dulu lebih mementingkan keinginan seperti foya foya dan kebutuhan yang saya inginkan bukan yang saya butuhkan,jadi gaji hanya mampir sebentar "seperti dia yang hanya penasaran"

Tunggu apa lagi ayo mengatur keuangan menuju sukses....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun