Mohon tunggu...
ibay toyibah
ibay toyibah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Bicara seperlunya, hobi menulis, senangnya materi pendidikan, literasi, kepribadian, motivasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Literasi yang Melekat di Masyarakat

14 Agustus 2022   10:30 Diperbarui: 14 Agustus 2022   10:32 192 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Awal penulisanku di kompasiana semoga menambah literature untuk membumikan literasi di Nusantara Indonesia. Literasi di Indonesia  benar-benar dipublikasikan baik pemerintah, komunitas yang peduli kepada literasi. 

Negara akan terangkat menjadi negara yang hebat dan diakui masyarakatnya mempunyai kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang tinggi jika masyarakatnya peduli dengan kemampuan membaca. Akan timbul kepedulian itu jika masyarakatnya dibiasakan dengan kemampuan literasi. 

Apakah anda pernah melihat kebiasaan orang yang sedang menunggu di halte, antrian, duduk santai di manapun berada membawa buku atau membaca buku?, kalau ini terlihat di mana-mana  maka masyarakat Indonesia sudah hebat dalam membiasakan membaca buku  berarti publikasi literasi dasar  yaitu membaca dan menulis sudah dibiasakan di Indonesia. 

Namun faktanya, kondisi sekarang dari segala umur senang berlama-lama memainkan handphone yang tidak tahu apa yang dibacanya?. Semoga sadar masyarakat juga untuk memanfaatkan gawainya sebagai literasi digital karena trend masyarakat sekarang  di dunia  digital. Literasi digital salah satu dari jenis literasi dasar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan