Mohon tunggu...
Nurlia Paizah
Nurlia Paizah Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Belajar untuk menuangkan dalam bentuk tulisan apa yang dilihat, didengar dan dirasa dan semoga membawa manfaat, amin...!

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

SBY Dimataku “ 10 Tahun Pemerintahan SBY”

7 November 2014   05:32 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:25 308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya kagum dengan sosok Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada dimulai pada tahun 2004 saat dirinya mencalonkan sebagai presiden ke 6 Indonesia. Saya ingat waktu itu pak SBY datang ke acara reality show di salah satu televisi swasta dalam rangka kampanyenya dengan bernyanyi di atas panggung. Beliau menyanyikan lagu “pelangi di matamu” yang dipopulerkan oleh jamrud. Wahhh... sangat luar biasa karena waktu itu tidak ada calon presiden yang seperti beliau. Saya mulai penasaran dan ingin tahu profile beliau, saat saya lagi main di rumah teman ada majalah saat saya buka-buka majalah itu ada profile SBY “Pak SBY lahir di pacitan dan lulusan SMA Taruna Bangsa yang berada di Magelang mengawali karier sebagai anggota Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Pak SBY menikah dengan anak Jendral Sarewo Edhie yaitu Kristiani Herrawati dan dikaruniai 2 orang putra yaitu Agus Harrimurti Yudhoyono dan Edhie BaskoroYudhoyono”. Tahun 2004 saya kelas 3 SMP mau naik ke kelas 1 SMA ,pak SBY sempat menginspirasi saya ingin masuk sekolah SMA Taruna Nusantara di Magelang. Namun itu hanya angan-angan saja dikala itu. Sekolah SMA Taruna Nusantara merupakan sekolah favourite dan kumpulan siswa yang memiliki prestasi bagus.

***

Ibu Kristiani Herawati atau lebih dikenal dengan Ibu Ani Yudhoyono, beliauadalah Ibu Negara, Istri dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat ini Presiden Indonesia masih SBY kan...? oleh karena itu pada saat ini saya akan tetap menyebut Presiden SBY, karena saat ini Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) baru akan di lantik besok tanggal 20 Oktober. Ibu Ani yang memiliki hobi fotografi, foto-fotonya dishare dalam akun sosial media instagram (IG). @AniYudhoyono itulah nama akun instagram Ibu Ani yudhoyono. Foto-foto dalam akun instagramnya berisi kegiatan sehari-hari Ibu Ani Yudhoyono dalam menjalankan tugas sebagai ibu negara, kegiatan Presiden SBY dan keharmonisan keluarga Presiden SBY dengan Ibu Ani Yudhoyono saat sedang bersama anak, mantu dan cucu.

Sekitar2 minggu yang lalu Ibu Ani Yudhoyono ngeshare foto presiden SBY (terlihat dibawah ini), begitu melihat foto dan membaca tagline yang Ibu Ani tuliskan, saya kok sedih yah...? Ya... sedih karena sebentar lagi presiden SBY selesai masa jabatannya sebagai presiden. Foto diatas Presiden SBY memakai sweeter dengan bertuliskan ARMY, cahaya lampu yang remang-remang sepertinya foto ini diambil malam hari. Bener-benar sedih melihat foto ini, perjuangan Presiden SBY bekerja untuk bangsa Indonesia pasti menguras tenaga dan pikiran, karena tanggung jawab wilayah tanah air dan rakyat indonesia berada di pundaknya.

[caption id="attachment_367592" align="aligncenter" width="300" caption="Foto Presiden SBY dari akun Instagram Ibu Ani Yudhoyono"][/caption]

Belakangan ini beliau adalah sosok yang terlupakan, mengapa...? karena pada tahun 2014 ini merupakan tahun panas perpolitikan di Indonesia atas terselenggaranya pesta demokrasi di Indonesia, pemilihanlangsung anggota legislatif, presiden dan wakil presiden. Bahkan dalam detik-detik terakhir masa jabatannya sempat dihujat dan disalahkan dalam polemik RUU Pilkada 2014. Beliau dianggap telah meninggalkan titik noda dalam demokrasi karena kepala daerah pada RUU pilkada tersebut akan dipilih oleh legislatif atau dewan perwakilan rakyat tidak dipilih langsung oleh rakyat. Ya sudahlah apapun hujatan orang-orang kepada Presiden SBY, saya tidak mengerti dunia polik, biarkan orang-orang berkata apa saja namun saya tetap simpati dan kagum pada beliau. Menurut saya sebagai rakyat biasa Presiden SBY selama 10 tahun memimpin Indonesia telah melakukan yang terbaik untuk bangsa Indonesia tercinta ini.

14137311962138329010
14137311962138329010

Minggu 12 Oktober 2014 saya melihat pada akun instagram Ibu Ani Yudhoyono memposting kuis #KopdarPamitan yang diselenggarakan dari tanggal 12-14 Oktober pukul 14.00WIB. Kuis #KopdarPamitan ini juga diumumkan pada akun facebook dan twitter Presiden SBY. Cara mengikuti kuis #KopdarPamitan yaitu dengan mengirimkan komentar mengenai opini-opini 10 tahun pemerintahan SBY. Opini tersebut bisa di tulis di akun facebook dan twitter Presiden SBY dan pada komentar di postingan foto akun instagram Ibu Ani Yudhoyono. #KopdarPamitan akan diselenggarakan pada tanggal 16 Oktober di Istana Presiden Yogyakarta. Tanggal 14 Oktober pukul 11.19 WIB saya menulis opini 10 tahun pemerintahan SBY pada kolom komentar akun facebook Presiden SBY.

***

Selamat siang Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, saya merasa sedih saat masa jabatan bapak hampir usai ini. Saya merasakan kebijakan-kebijakan yang bapak ambil memberikan dampak baik bagi kelangsungan hidup saya. Contohnya yang saya rasakan secara pribadi dalam hal kenaikan upah minimum regional (umr) pada pertengahan tahun 2013. Saya seorang karyawan di salah satu perusahaan, saya mulai bekerja pada saat itu sistemnya masih terikat kontrak dengan pihak ke 3 atau outsorching. Allhamdulilah pada masa jabatan Bapak sistem kerja outsorching dihapuskan walaupun masih ada sebagian yang memakai sistem kerja outsorching namun perlahan dihapuskan. Dampak kenaikan umr dan penghapusan sistem kerja outsorching ini memberikan pengaruh besar bagi perekonomian saya. Selain itu adanya BPJS kesehatan yang merata untuk semua lapisan sangat terbantu, setidaknya kalau sakit tidak ada lagi alasan tidak punya biaya akan tetapi saya masyarakat biasa bisa tetap mendapatkan pelayanan rumah sakit dengan bantuan bpjs kesehatan. Wajib belajar 9 tahun yang gratis, untuk saya masyarakat biasa sangat terbantu walaupun saya dulu saat SD dan SMP sekolah masih bayar, namun sekarang saudara-saudara saya bisa sekolah dengan gratis, sekolah tinggal belajar yang tekun tanpa harus memikirkan biaya sekolah.

Indonesia sangat luas dan penduduknya banyak, wajar jika Bapak belum membawa masyarakat indonesia pada kondisi sejahtera secara merata, pemimpin indonesia pada 2 periode yaitu selama 10 tahun terlalu singkat, namun saya sangat salut dan bangga pada masa pemerintahan Bapak, salah satunya bisa melunasi hutang Indonesia kepada IMF lebih cepat 4 tahun dari jadwal jatuh tempo. Jika seandainya Bapak menjabat Presiden lebih lama lagi saya yakin indonesia akan bisa lebih maju lagi. Terima kasih saya sampaikan juga sama Ibu Ani Yudhoyono, karena sesuai pepatah dibalik kesuksesan laki-laki ada seorang perempuang hebat yang mendampinginya. Saya suka dengan foto-foto yang Ibu Ani share pada akun instagram, masyarakat umum seperti saya bisa melihat aktivitas Presiden SBY, Ibu Ani sebagai Ibu Negara dan keluaga. Foto dalam akun instagram Ibu Ani terlihat tidak mudahnya memikul tanggung jawab sebagai seorang presiden yang mesti memikirkan 200 juta rakyat Indonesia. Foto Ibu Ani yang di share pada akun instagram pula saya melihat perbedaan mencolok dari kantung mata Bapak, saat awal menjabat Presiden Bapak terlihat segar sekarang bapak memiliki kantong mata yang membesar. Hal ini memberikan sedikit gambaran selama menjabat Presiden, Bapak kurang tidur karena terlalu lama bekerja atau kesulitan tidur yang memikirkan persoalan bangsa dan solusi yang hendak diambil.

Terima kasih banyak Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono, semoga dedikasi dan jasa Bapak dan ibu pada negara dan rakyat indonesia di balas oleh Allah SWT dan senantiasa bapak dan ibu diberikan kesehatan amin...! #KopdarPamitan

***

Saya tahu begitu banyak orang dari semua lapisan masyarakat Indonesia yang sangat antusias untuk mengikuti #KopdarPamitan ini, saya tahu harapan saya untuk terpilih pasti kecil, mengingat siapalah saya ini, saya hanya masyarakat biasa hehe...!. Namun ya sudahlah kalau terpilih berarti ini bener-bener keajaiban dan kalaupun tidak, ya sudahlah tidak apa-apa yang penting saya sudah menuliskan opini 10 tahun pemerintahan Presiden SBY. Rabu 15 Oktober 2014 handphone saya tidak berdering panggilan dari nomor dengan kode 021, karena pada pengumuman kuis #KopdarPamitan. Peserta yang beruntung terpilih akan dihubungi via telpon itu artinya saya tidak terpilih untuk mengikuti #KopdarPamitan huhuu... sedih...!!!. Tetap saja lebih sedih lagi karena masa jabatan Presiden SBY teah berakhi karena besok akan dilantik presiden terpilih masa jabatan 2014-2019.

Salam: @Iaalginat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun