Mohon tunggu...
Den Ciput
Den Ciput Mohon Tunggu... I'm a writer...

Just Ordinary man, with the Xtra ordinary reason to life. And i'm noone without God.. http://ceritacipoet.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Mercedes-Benz ML Class, Berbasis Mitsubishi Pajero, Riset dan Produksi di Amerika

22 Februari 2019   23:13 Diperbarui: 28 Februari 2019   13:26 107 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mercedes-Benz ML Class, Berbasis Mitsubishi Pajero, Riset dan Produksi di Amerika
Varian ML 270 CDI, di produksi di Jerman (Properti : gocar.de)

Era penghujung 90 an merupakan era booming  film  Sekuel Jurassic Park. Sebuah Film yang mengisahkan tentang kehidupan Dinosaurus.
Lalu apa hubungannya dengan judul diatas?

Yup, pada salah satu Sekuelnya, The Lost World : Jurassic Park, ada adegan seekor dinosaurus membanting-banting sebuah kendaraan SUV Merk Mercedes Benz.
Cuplikan tesebut sekaligus menegaskan bahwa pihak Daimler -Chrysler ( Sebuah gabungan perusahaan antara Daimler AG dan Chrysler) ikut menjadi sponsor produksi film tersebut sekaligus mengenalkan varian baru dari kendaraan mereka, yaitu ML 320 yang masuk segmen baru Mercy yang sebelumnya diisi beberapa seri, yaitu A series untuk City Car, C Series untuk kelas compact, E Serius untuk kelas Medium, S series untuk kelas paling mewah, serta G Series untuk jenis SUV-nya.

Sebenernya kalau bicara soal ML Class, sejarahnya panjang, jauh sebelum rilis di film The Lost World: Jurassic Park.
Yaitu ketika tahun 1991 pihak Mercy ingin mengganti G series ( Gelande Wagon) dengan model yang lebih fresh setelah G Series berusia 11 tahun menghiasi jalanan di dunia.

Meskipun memulai riset pada tahun 1991, tapi toh ML Class baru meluncur pada tahun 1998.  Jadi bisa disimpulkan pihak Mercy benar-benar matang melakukan riset.
Mungkin penyegaran yang dimaksud, pihak Mercy ingin mengubah total wajah serta teknologi G series yang dirasa sudah tampak out of date.

Mitsubishi Pajero, tampilan sangat beda dengan ML Class (Properti : Amazon.com)
Mitsubishi Pajero, tampilan sangat beda dengan ML Class (Properti : Amazon.com)
Lalu melalui kerja sama dengan  Mitsubishi ( Satu Grup dengan Chrysler waktu itu) mereka mengembangkan dan mendesain sebuah SUV yang platform-nya diambil dari Mitsubishi Pajero/Montero.   Yang oleh Mercy di labeli ML-Class ( terdiri dari beberapa varian dan pilihan mesin  ).
Lalu untuk Mitsubishi kenapa diberi dua nama, padahal produk sama?

Karena, maaf sebelumnya, maaaafff banget, Pajero kalau dalam bahasa Spanyol adalah, sekali lagi maaf, adalah orang yang lagi Onani. Jadilah di Amerika Utara dan Latin yang beberapa diantaranya menggunakan nama Mitsubishi Montero

Jadi sampai disini tulisan ini cukup bisa menjelaskan kenapa saya sebut peranakan Jerman - Jepang kan? Nah, kenapa saya sebut lahir di Amerika? Ya karena riset dan pengembangan, serta pembuatan dilakukan di Amerika.

Karena wacana awal adalah untuk menggantikan G Class, maka ML dibangun dengan platform Ladder Frame. Dalam beberapa istilah ada yang menyebut Body On frame. Sangat pas kalau mengambil basis Mitsubishi Pajero/Montero yang sudah dikenal tangguh.

Meskipun pihak Mercy sudah mengumumkan ke publik tentang kerja sama tersebut, toh dari beberapa situs resmi Mitsubishi tak menyebut-nyebut nama Mercedes-Benz M Class sebagai kendaraan yang berbagi platform.

Bisa jadi inilah salah satu point kerjasama untuk menjaga citra Mercy. Menurut opini saya, yang dilakukan Mercy dan Mitsubishi, hanya sekedar kerja sama mengembangkan ML Class dengan basis Mitsubishi Pajero / Montero, dan bukan rebadge seperti yang dilakukan Hyundai dengan Galloper-nya. ML Class secara tampilan eksterior maupun interior beda banget dengan Pajero.

Menurut opini saya, apa yang dilakukan Mercy dalam membangun ML Class kayak teori evolusi Charles Darwin yang menyebut manusia adalah hasil evolusi dari Kera dengan satu mata rantai yang hilang. Yang mana kera masih ada, manusia juga masih jaya.

Lho?
Lha wong nyatanya sampai detik ini G Class masih di produksi kok! Lha kalau disebut menggantikan, tentu ada bagian yang mirip, atau setidaknya ciri khas G class ada yang nempel di ML sebagai pertanda bahwa ML adalah penerus G Class.

Kecuali Ladder Frame, ML beda banget sama G Class. ML adalah SUV Mercy yang wajahnya, hhmmmm...buat saya, jauh lebih manis, lebih cute dengan otot kekar. Bagai bintang K Pop yang rajin body builder. Disisi lain grill depan yang tegas mencerminkan bahwa unsur amerika sangat kental.

Perubahan nama.
Setelah tahun 2015, ML ganti nama menjadi GLE. Bukan tanpa sebab. Hal ini seiring dengan makin banyak varian SUV buatan Mercy. Sedangkan GLE merupakan bentuk SUV dari E Class. Dibawahnya ada GLC, saudaraan sama C Class, diatasnya ada GLS, bentuk kekar dari S Class.

Walaupun riset dan produksi awal ada di Amerina Utara, tapi ada juga yang di produksi di Jerman, yaitu varian ML 270 bermesin diesel. Kini setelah ganti nama GLE  (ini yang membanggakan) juga di produksi di Wanaherang, Bogor. Kalau udah begini tentu konten lokal lebih banyak, banyak pula fitur yang disesuaikan dengan kondisi jalan dan cuaca Indonesia.

VIDEO PILIHAN