Mohon tunggu...
Den Ciput
Den Ciput Mohon Tunggu... Penulis - I'm a writer...

Just Ordinary man, with the Xtra ordinary reason to life. And i'm noone without God.. http://www.youtube.com/c/ChannelMasCiput

Selanjutnya

Tutup

Humor

Antara Amerika dan Dangdut

19 September 2018   02:08 Diperbarui: 19 September 2018   02:19 325
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humor. Sumber ilustrasi: PEXELS/Gratisography

Barusan saya nonton Vlog. Tau vlog kan? Itu lho, makanan yang terbuat dari nasi ketan lalu di padatkan terus diiris bentuk persegi. Enak deh..
Itu Juadah ngaco!

Jadi Vlog tuh Video blog, beberapa orang melafalkan sebagai Visual Blog. Gak papa, sama aja. Toh video tuh visual audio kan?

Sedangkan blog itu mengacu pada web log.
Apa itu web log?
Panjang penjelasannya. Pokoknya gitu deh, kalau mau tau tentang blog, nanti saya jelaskan sambil ngopi.

Vlog yang saya tonton adalah vlog buatan anak Indo yang tinggal di salah satu pedesaan di Negara bagian California. California yang luar negeri itu lho, bukan Calisari atau Calijodoh.

Digambarkan di vlog digambarkan  suasana pedesaan yang asri, bersih, dan rapi. Pedesaan dari perumahan rakyat biasa. Bangunannya bagus, asri, tiap rumah ada halamannya, dan tanpa pagar!

Padahal rata-rata mereka punya satu atau dua mobil yang ditaruh begitu saja disisi halaman atau depan rumah tanpa takut ada yang jahil.

Tampak sekali warga Amerika ini begitu percaya pada sistem keamanan yang ada dilingkungan. Mereka begitu percaya bahwa tetangganya gak akan berbuat jahil.

Saya sempat bingung, kok mereka ini gak ada yang iseng untuk membuat pagar ya.
Bandingkan dengan orang Indo, rumahnya pasti berpagar tinggi, tertutup dan terkesan angkuh terhadap sekitar. Ada juga taman, tapi tertutup pagar

Saya lalu pergi ke salah satu Ekspatriat kenalan saya. Seorang ibu gaul asal San Jose, United States of America.
Karena udah belasan tahun di Jakarta, dia fasih banget bahasa Indo logat Betawi.

" Masuk Yos, tumben loe main kemari? Ono wigati opo, Le?" Modiarrrr, mati aku, kalau bule udah pakai bahasa gini, aku mesti pakai bahasa apa coba.
" Just wanna visit for a cup of coffee.." Saya cengengesan.
" Alahhh...jangan sok pakai inglis deh loe, gua ajak inglis beneran nyahok lho...hahaha!" Si ibu masuk dan bawa secangkir kopi hitam, tapi gak manis. Tapi pas balik ibu Gaul udah mengganti pakaiannya. Pakai Jilbab. Ibu Jean emang mualaf.

" Mau cari bahan tulisan lagi, kan? " Tembak ibu Jean.
" Hehehe...tau aja Jeng, " Saya terkekeh.
" Pengin nulis apa loe?"
" Saya barusan nonton Vlog tentang pedesaan di Amerika, Bu. Tapi saya heran, kenapa hampir semua rumah disana gak pakai pagar dihalamannya ya, Bu?"
" Owh itu. Karena mereka takut dengan apa yang dialami orang Indonesia. "
" Kok, takut apa bu?"
" Kan di Indonesia sering kejadian tuh, ada pagar makan tanaman. Walau aku belum pernah menyaksikan sendiri, setidaknya kan aku sering dengar lagu dangdut lama favoritku. Itu lho, yang liriknya gini, ' kau bagaikan pagar, yang makan tanaman'. Kamu pernah dengar juga kan? Nah,gitulah ceritanya. Orang Amerika takut hal itu terjadi disana.."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun