Mohon tunggu...
Lyfe Banger
Lyfe Banger Mohon Tunggu... Youtube: Lyfe Banger

Your Life Sucks? Let's Bang That On!

Selanjutnya

Tutup

Digital

Arti Sebuah Ranking Dalam Sebuah Mesin Pencarian Google

11 Juni 2010   21:07 Diperbarui: 26 Juni 2015   15:35 365 0 0 Mohon Tunggu...

Ranking dalam sebuah mesin pencari adalah daftar halaman Web dan penempatan pada halaman hasil (dikenal dengan istilah SERP) untuk permintaan pencarian tertentu secara relatif. Sebagai contoh, jika anda mengetikkan " seo trick "  dalam mesin pencarian Google, anda akan mendapatkan 10 daftar atau listing secara default Google yang di ambil dari 10 urutan teratas yang di anggap paling relevan dengan kata kunci " seo trick ".

Kata yang paling relevan dan dianggap paling penting dari sebuah halaman website akan di urutkan secara vertikal dari atas ke bawah di mesin pencari Google. Jadi urutan tertinggi yang paling relevan ialah yang berada pada top atau puncak. Bagi Google sendiri, relevansi sebuah kata ialah dinilai dari seberapa baik, cocok atau sama sebuah kata kunci yang di ketikkan secara spesifik dengan kata atau kalimat yang terdapat dalam sebuah website tersebut. Pentingnya sebuah halaman website juga bergantung pada kualitas isi dan kualitas link yang ada atau di bentuk dalam sebuah website itu sendiri. pembahasan mengenai bagaimana membuat sebuah link berkualitas akan di bahas di lain sesi. jadi tunggu aja yah dan tetap selalu ikuti artikel di website ini! hehe..

Jika situs anda tidak muncul dari 20 daftar urutan mesin pencarian Google ( dengan kata spesifik yang anda masukkan ), kemungkinan besar disebabkan karena anda melupakan satu hal penting yaitu mendapatkan banyak traffic dari Google maupun mesin pencari yang lain. Dan saya rasa hal ini sangat pokok dan fatal sekali sifatnya,  karena bagaimanapun rata-rata banyak orang tidak akan melewatkan pencariannya lebih dari halaman pertama. Itu artinya, halaman kedua dan seterusnya tidak akan begitu di perhatikan dan dipertimbangkan oleh user.

Sebenarnya telah terjadi sebuah perdebatan seru di antara pakar Seo Dunia dimana menyebutkan bahwa seberapa banyakkah traffic yang dibutuhkan untuk  rating no.1 dan hingga rating nomor 10 pada halaman pertama dan rating no1 hingga rating nomor 10 pada halaman ke dua dan jika dibandingkan dengan banyaknya click yang di lakukan pada masing-masing web pada rating-rating yang telah di sebutkan di atas. karena hal itu juga berbanding terbalik. saya akan berikan contoh kasus. berikut contohnya : " area hotspot pada sebuah halaman mesin pencari Google ialah antara urutan 1 sampai dengan urutan 3 teratas dari mesin pencarian Google, lantas manakah yang paling bagus antara urutan ke 5 pada halaman pertama di bandingkan dengan urutan pertama halaman ke dua? ".

Dari hasil studi dan penelitian para pakar Seo menyimpulkan beberapa penomoran atau pengurutan pada ranking sebuah situs banding persentase dari banyaknya klik pada posisi tersebut. Studi dan penelitian ini melacak jumlah orang yang mengklik pada daftar pencarian Google untuk permintaan pencarian yang diberikan.

Halaman Pertama :
Posisi 1 : 30%
Posisi 2 : 15%
Posisi 3 : 7%
Posisi 4 : 5%
( daftar tabel lengkap bisa anda kunjungi di situs kami )

Halaman Kedua :

Posisi 1 : 6%
Posisi 2 : 4%
Posisi 3 : 2%
( daftar tabel lengkap bisa anda kunjungi di situs kami )

Seperti yang anda lihat di atas, jika situs anda tidak berada pada urutan halaman satu atau dua pada mesin pencarian Google, website anda kemungkinan besar tidak akan mendapatkan klik atau kemungkinan tidak akan dibuka / di kunjungi sama sekali. cukup mengerikan bukan?


Dan yang menjadi pertanyaan penting dari topik yang kita bicarakan ini ialah, jika situs anda tidak berada pada urutan atau posisi halaman satu atau dua pada mesin pencarian Google dan jika diibaratkan bahwa anda lah pengunjungnya saat itu, manakah yang anda pilih, akan melanjutkan ke halaman 3 kah? atau akan berubah pikiran untuk memasukkan kata kunci baru pada mesin pencarian Google? dan saya harap anda memikirkan  hal itu baik-baik, karena hal ini akan benar-benar  berpengaruh besar pada situs yang anda bangun!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x