Mohon tunggu...
Akhmad Husaini
Akhmad Husaini Mohon Tunggu... Administrasi - Ditakdirkan tinggal di Selatan : Desa Angkinang Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Memiliki kesenangan jalan-jalan, membaca, dan menulis.

Terus menuliskan sesuatu yang terlintas, dengan pantas, tanpa batas.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Cerpen Banjar yang Memikat Hati

4 Desember 2021   09:36 Diperbarui: 4 Desember 2021   09:52 398
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahun 2007 saya pernah menulis judul-judul Cerita Pendek (Cerpen) Berbahasa Banjar beserta pengarangnya, yang belakangan disebut Kisah Handap (Kisdap), yang pernah saya baca atau sekedar selintas mengetahui, baik melalui surat kabar, maupun buku.

Cerpen tersebut cukup menarik untuk dibaca dengan saksama, serta tentu isinya juga cukup memikat hati. Judul cerpen Banjar tersebut sebagai berikut. Rak Rak Gui karya Burhanuddin Soebely.

Kemudian ada Amun Tambus Hanyar Kawin (Ian Emti), Hayam Walik (Ajamuddin Tifani), Aluh Campaka (Bahtiar Sanderta), Kambang Pambarian (Sabrie Hermantedo), Luka Nang Kada Sing Baikan (Hijaz Yamani), Tuli Sarumahan (Bahtiar Sanderta).

Lalu ada Tambus Nang Manyamani (Abdussyukur MH), Pitua Mahaji Banjar (Bahtiar Sanderta), Kaluku Tapilih Bangkung (YS Agus Suseno), Pitua (A Rasyidi umar), Batandu (Noor Aini Cahya Khairani), Jabakan Kupi Kamandrah (Bahtiar Sanderta).

Berikutnya ada Latupan Cabi (Abdussyukur MH), Kambang Kada Sakaki, Kumbang Kada Saikung, Alam Kada Batawing (YS Agus Suseno), Kai Iyus (Bahtiar Sanderta), Palas (Aliman Syahrani), Bakalintingan (H Hasbi Salim), terakhir ada Nyanyi Langgar Sunyi karya M Fuad Rahman / Kayla Untara. (ahu)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun