Mohon tunggu...
Akhmad Husaini
Akhmad Husaini Mohon Tunggu... Warga biasa dari kampung, senang membaca dan menulis tentang apa saja. Tinggal di Desa Angkinang Selatan, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Menjadikan menulis sebagai pekerjaan utama.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Jelang Bulan Ramadan di Hangkinang

29 Maret 2021   11:45 Diperbarui: 29 Maret 2021   12:38 28 4 0 Mohon Tunggu...

Bulan Ramadhan 1442 H, sekitar setengah bulan lagi. Tapi hawa puasa di Hangkinang sudah terasa saat ini. Bulan puasa kali ini, warga sudah selesai menanam padi, padi tumbuh menghijau, tinggal pemeliharaan saja lagi hingga padi berbuah dan menguning, butuh waktu beberapa bulan lagi.

Jadi bulan Ramadhan kali ini warga Hangkinang, bisa leluasa untuk mengerjakan pekerjaan lain. Seperti shalat dan amal ibadah selama Ramadhan. Seperti misalnya membaca Al Qur'an, membaca wirid, serta yang lainnya. Tak terkecuali yang utama yakni berpuaasa. Pada malamnya bisa shalat Tarawih dan Tadarus Qur'an yang dilaksanakan di tempat ibadah seperti Langgar atau Masjid.

Yang rutin berjualan menu untuk berbuka dan sahur bisa memanfaatkan momen ini untuk meraup untung. Bisa ke pasar wadai Ramadhan untuk berjualan. Pengalaman tahun sebelumnya, karena pandemi Covid-19, untuk pasar wadai ditiadakan, tidak seramai tahun sebelumnya. Entah tahun ini, apakah pasar wadai akan digelar atau tidak. Karena memang pandemi Covid-19 masih melanda.

Walau begitu Ramadhan 1442 h tetap akan dijalani dengan sepenuh senang dan bahagia. Karena ini bulan penuh berkah, tak akan disia-siakan untuk menebar kebajikan dan meraup untung dunia dan akhirat. Tak sabar rasanya, ingin segera bertemu dengan bulan Ramadhan 1442 H. (ahu)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x