Mohon tunggu...
Humayra Nur
Humayra Nur Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN UPI 2021

Kelompok 30

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Pembuatan Media Pembelajaran Daring untuk SMP IT Adzkia Sukabumi

29 Juli 2021   16:40 Diperbarui: 29 Juli 2021   16:42 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahun ajaran berganti, semua pelaksana pendidikan mulai mempersiapkan pergantian semester dari genap menuju ganjil yang artinya akan ada siklus penerimaan peserta didik – kenaikkan kelas – kelulusan. 

Di samping euforia ini, tetap ada suatu hal yang sama seperti tahun sebelumnya. Hal yang membuat semua pihak, baik itu pendidikan atau lainnya sama-sama merasakan. Hal ini pula yang membuat semua orang berada pada keterbasan. Ya, pandemi COVID-19 masih belum berakhir. 

Sekali lagi, dan semoga untuk yang terakhir kali, pemerintah menerapkan kebijakan yang mengharuskan segala bidang untuk tetap berjalan sebagaimana mestinya dengan menerapkan aturan-aturan yang telah disepakati. Begitu pula dengan bidang pendidikan. Kondisi pandemik seperti sekarang ini mengharuskan proses belajar mengajar dan juga administrasi sekolah dilakukan secara daring (online). Jika keadaan memaksakan harus tetap bertatap muka, tentu harus menerapkan protocol kesehatan yang sudah umum diketahui masyarakat.

Menanggapi proses pembelajaran serba daring ini, UPI sebagai instansi yang memiliki fokus terhadap pendidikan merumuskan program kuliah kerja nyata (KKN) tahun 2021 ini yang bertujuan untuk mendukung dan menguatkan penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan dan ekonomi yang dilakukan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. 

KKN ini mengusung tema Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM Pada Masa Pandemi. Terdapat beberapa program yang disediakan pihak UPI dalam pelaksanaan KKN ini salah satunya adalah mendesain, membuat, melengkapi, dan menggunakan media pembelajaran daring untuk sasaran program yang telah ditentukan.

Pembelajaran secara daring (online) memiliki beberapa perbedaan dengan pembelajaran luring (offline) yang selalu digunakan sebelum masa pandemic COVID-19. 

Beberapa perbedaan yang berlangsung pada proses pembelajaran daring di antaranya adalah 

1) interaksi antara guru dan peserta didik berlangsung melalui tatap maya, 

2) kesulitan mengkondisikan ruang kelas karena berbagai macam kendala teknis (contohnya jaringan yang tidak stabil), dan

3) perbandingan pengalaman yang diterima peserta didik antara pembelajaran daring dan luring. 

Perbedaan proses pembelajaran yang pertama dan kedua dapat berdampak secara signifikan terhadap poin ketiga. Sebagai contoh, interaksi antara guru dan peserta didik yang hanya berlangsung secara tatap maya menyulitkan guru untuk tetap memperhatikan setiap peserta didiknya. 

Apakah peserta didik masih fokus terhadap pembelajaran ataukah fokusnya sudah teralihkan dengan hal lain. Begitu pula dengan peserta didik, peserta didik lebih sulit untuk fokus karena terkadang guru tidak memperhatikan peserta didik secara keseluruhan sehingga peserta didik lebih santai dan lalai di kelas. 

Jika hal-hal semacam ini berlanjut akan lebih sulit peserta didik untuk lebih memahami materi. Salah satu hal yang dapat membantu dalam kondisi pembelajaran daring semacam ini adalah dengan menggunakan media sebaik-baiknya sehingga memungkinkan peserta didik tidak hanya menghapal materi, tetapi juga memahami dengan baik. 

Media yang dibutuhkan adalah media yang memungkinkan peserta didik untuk mendapatkan materi sekaligus pengalaman yang berarti selama proses pembelajarannya.

Kegiatan mendesain, membuat, melengkapi, dan menggunakan media pembelajaran daring untuk sasaran program yang telah ditentukan telah terlaksana di SMP IT Adzkia. Mahasiswa diminta untuk membantu guru membuat media pembelajaran berupa powerpoint. 

Media ini dibuat berdasarkan bab pada jenjang tertentu. 

Selain bersumber dari buku paket, media ini juga mengambil sumber rujukan internasional terpercaya agar informasi yang didapatkan lebih luas. Diharapkan media ini dapat membantu kelancaran proses pembelajaran daring di sekolah untuk sekarang dan kedepannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun